Hubungan Antara Pembelajaran Daring Masa Pandemi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 10 Manurungnge

Satriani DH(1*), HJ. Rukayah HJ. Rukayah(2), Abd. Kadir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah masih ada siswa belum memiliki smarphone bahkan ada  ada orang tua yang merasa terbebani dengan biaya internet atau pulsa yang semakin membengkak yang membuat siswa sulit untuk mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.  sehingga dapat diprediksi bahwa pembelajaran daring memiliki kaitan yang erat dalam menentukan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran online dengan prestasi belajar siswa kelas V SDN 10 Manurungnge. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pembelajaran daring dengan prestasi belajar siswa kelas V dengan nilai thitung (0,8000) lebih besar (>) nilai ttabel (0,67867) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan dari analisis data di atas dapat disimpulkan pembelajaran daring akan berdampak terhadap prestasi belajar siswa. Jadi, semakin baik siswa mengikuti pembelajaran online maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari kesimpulan tersebut, maka dampak yang dihasilkan dari penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran daring yang baik akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Masa Pandemi, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.

Pohan, Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV. Sarnu Untung

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kompri. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Media Akademi, 2017.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syafi, Marfiy NTO & Rodiyah. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan., 115-123.

Rosyid, M.S., Mustajab, & Aminol, R.A. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara.

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Raja Grafindo.

Ghirardini, B. 2011. E-Learning Methodologies. Federal Ministry of Food, Agriculture and Consumer Protection.

Hariyanto, Suryono. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 558 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.