Monitoring Dan Evaluasi Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Menjamin Mutu Perkuliahan Di Universitas Negeri Makassar

Sapto Haryoko(1*), Arsad Bahri(2), Iwan Suhardi(3), Muh Jibran Nidhal Fikri(4), Riangkaryaman Riangkaryaman(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kondisi pandemi Covid-19 telah memaksa UNM untuk menerapkan pola pembelajaran daring. Pembelajaran daring harus dijamin mutunya agar mutu lulusan juga terjamin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang ditujukan untuk menggambarkan hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran daring di Universitas Negeri Makassar dan kendala pelaksanaan pembelajaran daring di UNM. Data yang diperoleh akan digambarkan berdasarkan ukuran, jumlah dan frekuensi sesuai dengan temuan yang ada. Selanjutnya hasil yang diperoleh tersebut dipetakan sejauh mana keterlaksanaan pembelajaran daring di UNM dan dianalisis kendala pelaksanaan pembelajaran daring di UNM. Hasil penelitian menunjukkan; 1). pembelajaran daring di UNM berjalan dengan baik, proses pembelajaran umunya sudah menggunakan LMS UNM SYAM-OK, aplikasi mudah digunakan, mahasiswa dan dosen umunya puas dengan kualitas pembelajaran daring dan mereka juga puas terhadap hasil belajar yang diperoleh, dan koneksi yang digunakan dalam pembelajaran daring didominasi paket data pribadi. Kendala pelaksanaan pembelajaran daring di UNM yakni jaringan yang tidak memadai, materi yang sulit dipahami, tugas yang terlalu banyak, dan aplikasi LMS sering mengalami eror ketika digunakan. Dengan terjaminnnya proses pembelajaran dilaksanakan maka dapat dilakukan perbaikan secara berkelanjutan sehingga tercipta budaya mutu di UNM.

Kata Kunci: Pembelajaran daring, Monitoring, Evaluasi


Full Text:

PDF

References


Azzahra, N.F. 2020. Ringkasan Kebijakan Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Covid-19. (online) https://id.cipsindonesia.org/post/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauhdiindonesia-di-masa-covid-19.

Angraini, D. V. (2018). Faktor Penyebab Stres Akademik pada Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacana Muntilan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(2), 141-152.

Fikri, M., Faizah, N., Elian, S. A., Rahmani, R., Ananda, M. Z., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145-145.

Hasamah. 2014. Pembelajaran bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-learning, Offline-Online, dan Mobil Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Haryoko, S., Bahri, A., Saputra, Y., Nur, M.S., Al-Ghifari, A.W. F. 2020. Self Evaluation of Internal Quality Assurance System in Building a Quality Culture at Makassar State University. Proceeding of The International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 852-866.

Hastutiningsih, T., Prasetyo, A. P. B., & Widiyaningrum, P. (2016). Pengembangan Panduan Pembelajaran Outdoor Bermuatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Materi Ekologi. Journal of Innovative Science Education, 5(1), 28-35.

Hutauruk, A. J. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Sepren, 2(1), 45-45.

Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423-2429.

Kurniasari, A., Pribowo, F.S.P., & Putra, D.A. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksaan Belajar dari Rumah (BDR) selam Pandemi Covid-19. Pendidikan Dasar: 6(3), 1-8.

Lydia, M., & MacKenzie. (2019). Improving Learning Outcomes: Unlimited vs Limited Attempts and Time for Supplemental Interactive Online Learning Activities. Journal of Curriculum and Teaching, 8(4), 36–45.https://doi.org/10.5430/jct.v8n4p36

Mubarak, M. R., Wahdah, N., Ilmiana, A. M., & Hamidah, H. (2020). Zoom cloud meeting: media alternatif dalam pembelajaran maharah kalam di tengah wabah virus corona (covid-19). Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 211-226.

Ph, L., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Learning Task” Attributable to Students’ Stress During the Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Proborini, E. (2021). Evaluasi Pembelajaran Matematika Secara Daring pada Siswa Kelas VI SD Karangturi.

Rambe, P., & Bere, A. (2013). Using mobile instant messaging to leverage learner participation and transform pedagogy at a South African University of Technology. British Journal of Educational Technology. https://doi.org/10.1111/bjet.12057

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89-110.

Sobron, A. N., Bayu, B., Rani, R., & Meidawati, M. (2019). Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship 1(1).

Sutanta, E. 2009. Sistem Informasi Manajemen. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Tim Penyusun. 2020. Pedoman Penjaminan Mutu Penyelenggaraan Pembelajaran Daring.

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampak terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.

Wangid, Muhammad Nur & Sugiyanto.2013. Identifikasi Hambatan Struktural Dan Kultural Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. 6(2)

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yohana, Y. Y., Muzakir, M., & Hardianti, D. (2020). A Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Qamarul Huda Badaruddin. Tirai Edukasi: Jurnal Pendidikan, 1(4).


Article Metrics

Abstract view : 295 times | PDF view : 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.