Studi Mengenai Prasangka Dan Keterbukaan Remaja Pada Orangtua Sebagai Prediktor Gaya Kelekatan Remaja di Kota Makassar

Sitti Murdiana(1*), Ismalandari Ismail(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prasangka dan keterbukaan dalam memprediksi gaya kelekatan orangtua-remaja di kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner/angket sebagai metode dalam pengambilan datanya. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dalam pengambilan sampel. Jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu berjumlah 122 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi sederhana Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa masing-masing variable menggambarkan kekuatan setiap indicator pengukuran dalam menjelaskan variable tersebut. Selain itu terlihat pula hubungan antar variable pengungkapan diri dan prasangka terhadap kelekatan. Adapun hubungan pengungkapan diri terhadap kelekatan pada orangtua menunjukkan hubungan yang negative namun tidak signifikan. Sedangkan hubungan prasangka terhadap kelekatan pada orangtua menunjukkan hubungan yang signifikan dan substansial.

 

Kata Kunci: Prasangka, Keterbukaan, Kelekatan, Remaja, Orangtua


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2007). Psikologi sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga. Terjemahan dari Ratna Djuwita.

Centauria, S. (2014). Pendekatan komunikasi antar pribadi dalam menjaga keharmonisan keluarga pelaut. Skripsi diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Hutagalung, I.(2007). Pengembangan kepribadian. Jakarta: Indeks

Lai, C. K., Hoffman, K. M., & Nosek, B. A. (2013). Reducing implicit prejudice. Social and Personality Psychology Compass, 7(5), 315-330. doi:10.1111/spc3.12023.

Liliweri, A. (2005). Prasangka dan konflik. Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.

Steinberg. Lourence. ( 2019). Adolescence. Eleven edition, New york : Mc GrawHill.

Yanuar, D., & Pratiwi, C. S. (2019). The secret persona: Komunikasi interpersonal ibu dan anak korban pelecehan seksual di kuta baro aceh besar. Warta Iski, 2(2), 140-149. doi:https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i02.41.


Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.