Pengaruh Latihan Workout Pliometric Terhadap Peningkatan Kapasitas VO2Max Mahasiswa FIK UNM

Reza Mahyuddin(1*), Muslim Muslim(2), Akbar Sudirman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Latihan Workout pliometric merupakan olahraga yang dilakukan dengan menggunakan beban tubuh sendiri dengan metode khusus pengembangan cardivaskuler sehingga olahraga ini selain meningkatkan kulitas fisik juga dapat meningkatkan VO2Max Mahasiswa. Oleh karena itu maka diperlukan suatu bentuk atau model latihan untuk meningkatkan kapasitas VO2Max mahasiswa, salah satu model atau bentuk latihan yang dapat diterapkan adalah Workout pliometric. Model atau bentuk latihan Workout pliometric  telah banyak diterapkan untuk meningkatkan daya tahan kardiovaskuler dan paru mahasiswa, namun untuk meningkatkan secara khusus pada VO2Max Mahasiswa masih perlu diuji kebenarannya.  Untuk melatih kapasitas VO2Max, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, latihan harus menggunakan otot-otot besar tubuh secara intensif (terus menerus) dalam durasi yang relative lama. Latihan yang baik untuk meningkatkan kapasitas VO2Max adalah jenis latihan cardio atau aerobik, latihan yang memacu detak jantung, paru dan system otot. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa meningkatkan kapasitas VO2Max dapat dengan latihan pada intensitas detak jantung 65% sampai 85% dari detak jantung maksimum, selama setidaknya 20 menit, frekuensi 3-5 kali seminggu (French & long, 2012 dalam rikimakaro.blogspot.com). Untuk itu dapat disimpulkan sementara bahwa model atau bentuk latihan Workout pliometric dapat digunakan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kapasitas VO2Max Mahasiswa FIK UNM.

 

Kata Kunci: Workout, Liometric, VO2Max


Full Text:

PDF

References


Budi, M. F. S. (2015). Circuit Training Dengan Rasio 1: 1 dan Rasio 1: 2 Terhadap Peningkatan VO2 MAX. Journal of Sport Science and Fitness, 4(3).

Mahyuddin, R. (2019). Pengaruh latihan circuit training terhadap peningkatan vo2max dalam permainan futsal siswa ekstrakurikulersman 13 makassar reza mahyuddin. 5, 33–41.

Mahyuddin, R., Asyhari, H., Akbar, I., Sudirman, A., & Makassar, U. N. (2021). EFEK CIRCUIT TRAINING TERHADAP KAPASITAS VO2MAX SISWA Info Artikel Abstrak Olahraga dewasa ini telah menjadi kegiatan yang sangat dianjurkan terlebih dimasa menjadi pandemic kebutuhan covid Olahraga menunjang mempengaruhi performa atlet ( Ilissaputra & Su. 0383, 1–7.

Munandar, S. R. (2016). Tingkat Kesegaran Jasmani dan Status Gizi Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Negeri 2 Playen. E-Journal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10601241060.

Sugiyono, D. R. (2006). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. In Yogyakarta: Jogja Global Media.

Suratmin, S., & Adi, I. P. P. (2016). PENERAPAN METODE PELATIHAN PLIOMETRIK DALAM MENINGKATKAN POWER OTOT TUNGKAI ATLET PPLM BALI. Journal of Physical Education Health and Sport, 3(1), 33–43.


Article Metrics

Abstract view : 221 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.