Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di SD Kota Parepare pada Masa Pandemi Covid-19
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Salah satu kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan menerapkan pembatasan interaksi masyarakat yang dikenal dengan istilah physical distancing. Kondisi ini menyebabkan pembelajaran tatap muka diubah menjadi pembelajaran jarak jauh secara online. Permasalahan yang muncul adalah akses internet di Indonesia yang masih tergolong lambat, kompetensi dan kesiapan guru dan siswa-siswa kita menggunakan alat perangkat IT utamanya pada jenjang sekolah dasar masih sangat kurang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan menganalisis pelaksanaan pembelajaran Matematika di SD Kota Parepare pada masa pandemic COVID-19. Data kualitatif tentang persepsi guru, siswa dan orang tua mereka terkait pelaksanaan pembelajaran matematika juga akan diteliti dan digambarkan secara deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berasal dari seluruh sekolah dasar yang ada di Parepare. Pengambilan sampel dilakukan secara random sehingga diperoleh guru 130 orang, siswa 1300, orang tua siswa 1500 orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran dalam jaringan (daring) yang dilakukan selama masa pandemik covid-19, umumnya menggunakan aplikasi WhatsApp (WA), selanjutnya guru, siswa dan orang tua mengalami banyak kendala dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring, mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana (kepemilikan HP, internet, biaya pembelian kuota), komunikasi yang tidak sinkron, kontrol dan pengawasan dalam pembelajaran serta kesulitan dalam menilai perkembangan peserta didik
Kata Kunci: Pandemi COVID-19, Pembelajaran Jarak Jauh
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahman Saleh. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Prespektif Islam. Kencana.
Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 49(1–2), 91–96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
Fitriana. (2018). Peran Media E-Learning Dalam Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Literasi Matematika dan Norma Sosiomatematik. Universitas Muria Kudus.
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali.
Nadar. (2016). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik, dan Bentuk Portofolio terhadap Kemampuan Koneksi Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 265–282.
Niarsa, A. (2013). Studi Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 01 Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. In Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.15294/ijcets.v2i1.2076
Ruth, E. (2015). Deskripsi Kualitas Layanan Jasa Akses Internet di Indonesia dari Sudut Pandang Penyelenggara. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 11(2), 137. https://doi.org/10.17933/bpostel.2013.110204
Sarlito, S. W. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Rajawali pers.
Sobur, A. (2013). Psikologi Umum dalam Lintas Sejarah. Pustaka Setia.
Waryanto, N. . (2016). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Jurnal Matematika, 2(1), 10–23.
Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, pp. 13–20).
Article Metrics
Abstract view : 85 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.