Pengembangan Alat Bantu Bina diri Bagi Siswa Cerebral Palsy DI SLB Negeri 1 Gowa

Tatiana Meidina(1*), Purwaka Hadi(2), Agus Marsidi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat bantu bina diri untuk meningkatkan kemampuan  menyisi rambut pada  cerebral palsy  DI SLB Negeri I Gowa. Tujuan penelitian 1). menghasilkan karakteristik alat bantu bina dri menyisir rambut yang sesuai dengan Cerebral Palsy  di SLB Negri I Kabupaten Gowa; 2). Mendeskripsikan desain produk alat bantu bina dri menyisir rambut untuk meningkatkan menyisir rambut pada cerebral palsy  DI SLB Negeri I Gowa dan 3). Mengetahui efektifitas produk alat bantu bina dri menyisir rambut yang sesuai dengan Cerebral Palsy  di SLB Negri I Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan ( research and development.   Kesimpulan hasil penelitian adalah; 1)Pengembangan alat bantu bina dri menyisir rambut dengan karakteristik sebagai berikut : (a). sesuai dengan karakteristik dan tingkat kemampuan siswa cerebrap palsy; (b) disesuaikan dengan kelainan tangan yang dialami siswa cerebral Palsy; : 2) alat bantu bina diri menyisir rambut disusun melalui dengan melalui tahapan-tahapan yaitu tahapan penyusunan desain, vasidasi produk, revisi produk hasil validasi 3).Hasil uji coba terbatas  menunjukkan peningkatan kemampuan menyisir rambut pada cerebral palsy  DI SLB Negeri I Gowa. 

Kata Kunci : Alat Bantu, Bina Diri , Cerebral  Palsy


Full Text:

PDF

References


Assjari, Musjaffak, 1995. Ortopedagogik Anak Tunadaksa, Bandung : Dirjen Dikti PPTG.

Coston, Don and Thompson, 1982. Low Cost Physiotherapi Aids. Artag, London.

Fallen & Umansky, 1989. Young Children With Special Needs. Secon edition, Columbus Ohio, Charles E. Merrill Publishing Company.

Farida, 2000. Kontribusi Splint Terhadap Kemampuan Menulis bagi Anak Cerebral Palcy di SLB/D-YPAC Cabang Makassar. Skripsi, UNM Makassar.

Finnie, Nancie R, FCSP, 1987. Handling The Young Child With Cerebral Palcy at Home, Increase House Jr and Hill Oxford Ltd.

Levitt, Sophie, 1998. We Can Play and Move, Heathlink World Wid.

--------------------, 1994. Basic Abilities : A Whole Approach (A Development Guide for Children With Disabilities). A Condor Book Souvenir Press Ltd.

McLoughlin, James, 1996. Assesing Special Student, Second Edition, Merill Publishing Company.

Muslim, Ahmad Taha dan Sugiarmin, 1996. Ortopedi dalam Pendidikan Anak Tunadaksa, Bandung : Dirjen Dikti PPTG.

Werner, David, 2000. Anak-anak Desa Penyandang Cacat, Jakarta : Yayasan Bhakti Luhur.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.