Pengembangan E-Modul Biologi untuk Siswa Sma Kelas XII

Arsad Bahri(1*), Arifah Novia Arifin(2), Saparuddin Saparuddin(3), Ahmad Abrar(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan dan melihat kevalidan dan kepraktisan dari bahan ajar e-modul Biologi. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar e-modul Biologi yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah peserta didik dari kelas XII MIA SMAN 6 Makassar. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, instrumen dan angket respon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dibuat berdasarkan kebutuhan penelitian, yaitu kevalidan dan kepraktisan. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik deskriptif. Metode analisis ini adalah menganalisis data hasil penelitian dengan cara menggambarkan hasilnya dalam jumlah persen. Dengan analisis data ini akan diperoleh seberapa besar persentase kepraktisan e-modul Biologi. E-modul dikembangkan dengan mengacu pada pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu 1) analyze, 2) design, 3) develope, 4) implement dan 5) evaluate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar modul elektronik (e-modul) dinyatakan valid oleh validator ahli yaitu 1 (sangat valid) menggunakan validitas Gregory. Uji kepraktisan bahan ajar berdasarkan respon guru yaitu 92,87% dan respon siswa 90,9%, hal ini menunjukkan bahwa e-modul bersifat praktis dengan memberikan respon positif. Ini menunjukkan bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan layak digunakan untuk menunjang pembelajaran mandiri.

Kata Kunci: E-Modul, Bahan Ajar, Pembelajaran Biologi

 


Full Text:

PDF

References


Cheung & Lawrence. (2016). Using the ADDIE Model of Intructional Design To Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal Jbe. 1(1), 3. DOI:10.1155/2016/9502572.

Coşkun, S., Kayıkcı, Y., & Gençay, E. (2019). Adapting Engineering Education to Industry 4.0. Journal of Vision. Technologies, 7(1), 10. DOI: 10.3390/ technologies7010010.

Emran, M.A., Elsherif, H.M., & Shalaan, K. (2016). Investigating attitudes towards the use of mobile learning in higher education. Computers in Human Behavior, 56(93102). 94-95. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.033.

Gonzales, M., Martín, ME., Liamas, C., Martinez, Ó., Vegas, J., Herguedas, M., & Hernández, C. (2015). Teaching and Learning Physics with Smartphones. Journal of Cases on Information Technology, 17(1), 31–50. DOI: 10.4018/978-1-5225-0783-3.ch044.

Idris, A.I., Ibrahim, M.S., Adamu, T.A., & Ibrahim, A. (2018). Use of Audio-Visual Materials in Teaching and Learning of Classification of Living Things Among Secondary School Students in Sabon Gari LGA of Kaduna State. Plant, 6(2), 34. DOI: 10.11648/j.plant.20180602.12.

Kim, D., Rueckert, D., Kim, D.J., & Soe, D. (2013). Student Perceptions and Experiences of Mobile Learning. Language Learning & Technology, 17(3), 54-60. http://llt.msu.edu/issues/october2013/kimetas.pdf

Lubis, R.R., Nana, M., & Lenni, M.N. (2020). Alternatif Strategi Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19 di STAI Sumatera Medan. Jurnal Ansiru, 4(1), 1.

Nasution, S. (2006). Berbagi Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ridwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Riyani, D. (2013). Pengembangan Majalah Biomagz sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Siswa pada Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa SMA/MA kelas X. Skripsi: UIN Sunan Kalijaga.

Riyanto. (2015). Pengembangan Modul Interaktif pada Pembelajaran Genetika untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa SMA Islam Batu. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(2), 32-33.

Ruslan, (2009). Validitas Isi. Buletin Pa’biritta No. 10. Tahun VI September 2009.

Setemen, K. (2018). Pengembangan dan Pengujian Validitas Butir Instrumen Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 182-183.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pasca sarjana X-ITS, Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 503 times | PDF view : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.