Strategi Upaya Pembelajaran Luring Di Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang Maros Pada Masa Pandemi Covid 19

Ibrahim Ibrahim(1*), Hasni Hasni(2), Feri Fadli(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujan  untuk menganlisis strategi upaya pembejaran luring di Pesantren Nahdlatul Ulum Soreang Maros Pada Masa Pandemi covid 19. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan Pendekatan fenomenologi.  Data penelitian dijaring dengan menggunakan metode: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk kesahihan dan reabilitas data yang dikumpulkan maka dilakukan pemeriksaan keabsahan data melalui: Ketekunan Pengamatan, Triangulasi, Uraian rincian, dan proses Auditing. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa  Dengan strategi mengedepankan silaturrahim dan koordinasi mereka yakin akan ada jalannya untuk melakukan pembelajaran luring di masa pandemic covid 19. Semua pimpinan bergerak bersama dan serentak melakukan pendekatan silaturahmi dan  koordinasi yang intensif ke berbagai pihak terkait. Silaturrahim dan koordinasi ini sebelumnya dilakukan telah melakukan persiapan-persiapan yang sangat serius dan intensif menyeluruh mengenai persyaratan-persyaratan protocol kesehatan yang harus diselesaikan secara internal pesantren. Dukungan administratif juga pihak pesantren dilengkapi sebagai bahan dan acuan berbagai pihak untuk melihat keseriusan persiapan dan  kelengkapan internal pesantren untuk melakukan pembelajaran luring. Bahkan survey atau hearing pendapat dari para orang tua santri juga mereka lakukan untuk memperkuat keinginan melakukan pembelajaran luring meskipun penyebaran covid 19 masih mengancam. Seluruh potensi dan energi yang dimiliki pesantren disatukan sebagai bentuk jaminan internal kesiapan untuk melakukan pembelajaran luring. Tekad dan upaya yang serius dan penuh kesiapan yang dilakukan secara gotong royong dan kebersamaan yang kemudian dibentengi dengan semangat silaturrahim dan koordinasi  intensif yang tidak kenal menyerah dan penuh keyakinan bahwa pembelajaran luring di pesantren Nadlatul Ulum  aman dan mampu melaksanakan protokel kesehatan secara ketat akhirnya membuahkan hasil. Pesantren Nadlatul Ulum sebagai lembaga pendidikan pesantren khususnya di Sulawesi Selatan yang mampu menunjukkan kerja kerasnya mengupayakan pembelajaran luring dan sekaligus menunjukkan bahwa  pembejaran luring yang dilakukan mampu mematahkan kehawatiran dan ketakutan banyak pihak  akan munculnya cluster baru di pesantren jika dilakukan pembelajaran luring pada masa pandemi covid 19.

 

Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Luring, Masa Pandemi Covid 19


Full Text:

PDF

References


Adam J Kucharski, Petra Klepac, Andrew J K Conlan, Stephen M Kissler, Maria L Tang, Hannah Fry, Effectiveness of isolation, testing, contact tracing, and physical distancing on reducing transmission of SARS-CoV-2 in different settings: a mathematical modelling study. Published:June 16, 2020DOI:https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30457-6

Ahmad Muhakamurrohman Pesantren: Santri, Kiai, dan Tradisi, Al-Azhar Kairo, Mesir Madinat Nasr, Cairo, The Arab Republic of Egypt. 1693-6736.

Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19, Briliannur Dwi C, Aisyah Amelia, Uswatun Hasanah, Abdy Mahesha Putra, Hidayatur Rahman Universitas Trunojoyo Madura. Corresponding email. :Brilianwantyou@gmail.comfile:///C:/Users/DeepBlue/Downloads/559-Article%20Text-1129-1-10-20200626.pdf

Fatah Syukur, Dinamika Pesantren dan Madrasah (Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002), h. 248.

Fitzgerald,V. ”The Mohammaden Law” dalam M. Dhiauddin Rais, Teori Politik Islam, (Jakarta: Penerbit Gema Insani, 2001), h 5.

https://covid19.ulm.ac.id/pentingnya-penerapan-protokol-kesehatan-dalam-rangka-menurunkan-transmisi-covid-19/.

https://pontren.com/2018/11/20/jumlah-pondok-pesantren-di-indonesia/

Manfred Ziemek, Pesantren dalam Perubahan Sosial (Cet. I; Jakarta: P3M, 1986), h. 98-99

Padli, Feri, and Rusdi. 2020. “Respon Siswa Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi.” Social Landscape Journal 1(3): 1–7. http://103.76.50.195/SLJ/article/view/ 14508.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Yaumi, Muhammad. 2018. MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.

Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Memadu Modernitas untuk Kemajuan (Cet. I; Jakarta; Pesantren Nawesea Press, 2009), h. 59-61.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.