Gambaran Implementasi Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Prodi PGSD FIP UNM

Abdul Hafid(1*), Muhammad Amran(2), Rosmalah Rosmalah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan tentang gamabaran implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 yang telah dilaksanakan oleh dosen apakah sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi PGSD Kampus VI UNM Bone. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 pada Program Studi PGSD FIP UNM sudah berjalan dengan baik hal ini terjadi karena dosen dan mahassiwa sudah aktif dalam prose perkuliahan dan sudah mampu megoperasikan media pembelajaran IT dalam perkuliahan.

 

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2014. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Interes Media.

Bilfaqih, Yusuf, and Nur M Qomaruddin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublis publisher.

Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol. 8(1): 496–503.

Kamayanthy, Devi Yulia. 2020. Analisis Pembelajaran Menggunakan Edmodo pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas XII DPIB Di SMKN 1 Majalengka Tahun Ajaran 2020-2021. Skripsi. Pasundan: Universitas Pasundan.

Kelembagaan risetdikti. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pp. 6–8). Pp. 6–8.” (1): 6–8.

Moleong, Lexy j. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Deddy. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik;Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta CV.

Mulyasa. 2010. Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Naditya, Rochyani, Suryono, Agus dan Rozikin, Mochamad. 2013. Implementasi Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 10 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Sampah (Suatu Studi Di Dinas Kebersihan Dan Pertamanan (DKP) Dalam Pelaksanaan Program Bank Sampah Malang (BSM) di Kelurahan Sukun kota Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Volume 1, Nomor 6.


Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.