Efektivitas Penerapan Model Asesmen Praktek Industri (PI) Mahasiswa Berbasis Website pada Masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Teknik UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan, yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Model Asesmen Praktek Industri (PI) mahasiswa berbasis website pada masa pandemi covid-19 di Fakultas Teknik UNM. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang sedang melaksanakan PI diberbagai dunia usaha dan industri (DUDI) yang berjumlah 27 orang (8 kelompok) periode bulan Mei s.d Agustus 2021. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan wawancara. Sumber informasi terdiri atas mahasiswa, dosen pembimbing, dan instruktur di tempat PI. Data dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (a) Proses yang berjalan selama penggunaan model assesmen PI berbasis website antara lain: (1) Mahasiswa mendaftar pada laman https://aspi-ftunm.com; (2) Mahasiswa mengisi jurnal harian; (3) Jika kegiatan PI telah selesai maka mentor, dosen pembimbing serta teman sejawat memberi penilaian atas kinerja peserta PI dengan mengisi instrumen penilaian; (b) Faktor – faktor pendukung dari penerapan model assesmen ini: (1) dapat diakses menggunakan laptop maupun smartphone dimana saja dan kapan saja selama memiliki koneksi internet; (2) dapat melakukan penilaian jarak jauh; (3) ketersedian jaringan dan serta paket internet dari kemendikbud bagi mahasiswa; (c) Rerata penilaian keefektifan penerapan Model Asesmen Praktek Industri (PI) Mahasiswa Berbasis Website dilihat dari indikator kecepatan dan indikator kepuasan pengguna adalah 88,97% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Asesmen Praktek Industri (PI) Mahasiswa Berbasis Website memberikan manfaat yang efektif bagi mahasiswa selama pandemik covid-19.
Kata Kunci: Efektivitas, Assesment, PI, Webiste
Full Text:
PDFReferences
Adani, M.R. (2020). Pengenalan Apa Itu Website Beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya, diakses pada https://www.sekawanmedia.co.id/pengertianwebsite/
tanggal, 20 Juli 2021
Ahmad, I. F. (2020). Alternative assessment in distance learning in emergencies spread of coronavirus disease (Covid-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(01),
-222.
Berk, R.A. (1986). Performance assessment. Methods & applications. London: HopkinsUniversity Press.
Boiko, A., & Shendryk, V. 2017. System Integration and Security of InformationSystems. Procedia Computer Science, 104, 35–42.
https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.01.053
Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Mardapi, D. (2000). Konsep dasar asesmen unjuk kerja. Yogyakarta: Makalah disampaikan pada seminar Pengembangan Penilaian Unjuk Kerja, Lemlit Universitas Negeri Yogyakarta ( 1 Mei 2000).
Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui SMK. Jakarta: Jayakarta Agung Offset
Gani, A. 2018. Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1), 52–56
Kurniawan, H. D. 2015. Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Praktik Kerja Industri Berbasis Website Di SMK Negeri 3 Kasihan Bantul (SMSR Yogyakarta). Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika.
Muliati, A. M. (2007). Evaluasi Program Pendidikan Sistem Ganda Suatu Penelitian Evaluatif Berdasarkan Stake’s Countenace Model Mengenai Program Pendidikan Sistem Ganda pada Sebuah SMK di Sulawesi Selatan (2005/2007). Tersedia http://www.damandiri.or.id/file/muliatyunjbab.pdf (17 April 2010).
Ningsih, P. W. 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Berbasis Web (Studi Kasus: SMK Al-Azhar Menganti Gresik). Jurnal JSIKA, 1(1).
Sesana, I. P. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online Di SMKN 1 Tembuku: Effectiveness Of The Use Of Google Form Applications In The Implementation Of PAT Based Online At SMKN 1 Tembuku. Widyadewata, 3, 1-11.
Syahrul, 2010. Pengembagan Model Asesmen Kompetensi Siswa SMK dalam Konteks Pembelajaran Berbasis Kerja di Industri. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 14 (2)
Article Metrics
Abstract view : 137 times | PDF view : 26 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.