Penguasaan Teori Mengajar dan Implikasinya Terhadap Praktik Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah FBS UNM

Kembong Daeng(1*), Aswati Asri(2), Fatimah Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) penguasaan teori mengajar mahasiswa Prodi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FBS UNM; (2) keterampilan dasar mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FBS UNM; dan (3) menemukan ada atau tidak adanya implikasi penguasaan teori mengajar terhadap keterampilan dasar mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah FBS UNM. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 mahasiswa, dengan teknik sampling jenuh.  Instrumen yang digunakan berupa tes penguasaan teori mengajar dan tes praktik keterampilan dasar mengajar. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif  dan analisis statistik inferensial dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan analisis data, sebanyak 21 mahasiswa memiliki penguasaan Teori Mengajar kategori tinggi (72%), 7 mahasiswa kategori sedang (24%), dan 1 mahasiswa kategori rendah (4%). Analisis Praktik Keterampilan Dasar Mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar menunjukkan 26 mahasiswa yang memiliki penguasaan Teori Mengajar kategori tinggi (90%), 2 mahasiswa kategori sedang (6%), dan kategori rendah terdapat 1 mahasiswa (4%). Selanjutnya dilakukan uji normalitas dengan bantuan SPSS 25 dan diperoleh Penguasaan Teori Mengajar signifikansinya menunjukkan 0,000 sedangkan Praktik Dasar Keterampilan Mengajar signifikansinya menunjukkan 0,000. Nilai pearson correlation kedua variabel ialah 0,976. Dapat disimpulkan bahwa penguasaan teori mengajar berimplikasi terhadap praktik keterampilan dasar mengajar.

 

Kata Kunci: Implikasi, Penguasaan Teori Mengajar, Praktik Keterampilan Dasar Mengajar


Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhammad. Kompetensi Guru Sebagai Kunci Keberhasilan dalam Pembelajaran Saintifik. Seminar Nasional Pendidikan (2015). (http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9991Afandi_makalah_semnaspgsdump.pdf diakses tanggal 27 Februari 2021).

Bolla, John J, dkk. 1983. Keterampilan Bertanya Dasar dan Lanjut. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan.

Bolla, John J. 1983. Keterampilan Mengelola Kelas. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan.

Darmo Mulyoatmodjo. 1980. Micro Teaching. Jakarta. Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Daeng, Kembong. 2018. Keterampilan Dasar Mengajar. Bahan Ajar. Makassar: FBS UNM.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta.

Djamarah, S. B. 2008. Strategi belajar Mengajar.Bandung: Rineka Cipta.

Joni, T Raka, dkk. 1983. Kelompok. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan.

Kosasi, Raflis. 1983. Keterampilan Menjelaskan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan.

Kosasi, Raflis. 1983. Keterampilan Mengadakan Variasi. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan.

Muhammad Syafi'i . 2014. Implikasi Pembelajaran Mikro dalam Pengembangan Keterampilan Mengajar di Madrasah. Religi: Jurnal Studi Islam Volume 6, Nomor 2, Oktober 2014 Halaman 228 – 250

Mulyatun Analisis. 2014. Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Kimia (Studi Pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Tadris Kimia). Jurnal PHENOMENON, Volume 4 Nomor 1, Juli 2014

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPEE.

Pah, D.N. 1983. Keterampilan memberi Penguatan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan.

Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana. 1996. Metode Statistik. Jakarta: Erlangga.

Sutarmanto. ___. Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, halaman 16-30.

Wardani, I.G.A.K. 1983. Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan.

Wardani, I.G.A.K. 1983. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jakarta: Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan tenaga kependidikan.


Article Metrics

Abstract view : 240 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.