Modul Elektronik (E-Modul) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh

Inanna Inanna(1*), Andi Tenri Ampa(2), Nurdiana Nurdiana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Dunia pendidikan saat ini mengalami transformasi dalam proses pembelajaran. Salah satunya di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Oleh sebab itu, dibutuhkan media pembelajaran untuk memfasilitasi peserta didik dalam proses pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai modul elektronik (e-modul) sebagai media pembelajaran jarak jauh. Ada tiga hal yang diukur dalam mengetahui persepsi mahasiswa mengenai modul elektrorik (e-modul), yaitu kejelasan dan kesesuaian teks, gambar, animasi dan video dalam e-modul, penyajian materi dalam e-modul, dan kebermanfaatan e-modul. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner yang diisi secara online oleh mahasiswa dengan menggunakan Google Form. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Pendidikan Ekonomi FEB UNM, dengan jumlah 101 mahasiswa yang juga sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Data dianalisis dengan langkah verifikasi data, skoring, menghitung persentase masing-masing kategori jawaban dan menampilkan data dalam bentuk diagram. Kemudian peneliti menginpretasikan hasil analisis data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil persepsi mahasiswa secara keseluruhan 89% dengan kategori sangat baik. Hal ini mengindikasikan bahwa modul elektronik (e-modul) untuk mata kuliah pengantar koperasi sudah baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: Modul Elektronik (E-Modul), Media Pembelajaran, Pembelajaran Jarak Jauh


Full Text:

PDF

References


Bao, W. (2020). COVID-19 and Online Teaching in Higher Education: A Case Study of

Peking University. March, 113–115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Fonda, A. & Sumargiyani. (2018). The Developing Math Electronic Module with

Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for XI Grade of Senior

High School Students. Infinity Journal of Mathematics Education, Vol 7 No 2

pp 109-122.

Giri, A. P., dkk. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran

Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar. 11 (1), 94-101

Imansari, N., Sunaryantiningsih, I., (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif

Terhadap Hasil Belajar Mahapeserta didik Pada Materi Kesehatan Dan

Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 11-16.

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa

Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran):

Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132.

Nurmayanti, F. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung: ITB.

Palthoni, Haerul, dkk. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap E-Modul Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Atom Dan Inti. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 1(1), 55-62

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5–7.

Rokhmania, F. T., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan E-Modul berbasismflipped classroom untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Seminar Nasional Fisika, (November), 91-96

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metode Penelitian. Kediri: Literasi Media Publishing

Teguh, M. P. (2020). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. ICO EDUSHA: Konferensi Internasional Pertama tentang Manajemen Pendidikan dan Ekonomi Syariah, 134-138

Tsai, T. P., Lin, J., & Lin, L. C. (2018). A Flip Blended Learning Approach for Epub3 Ebook-Based Course Design and Implementation. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 123-144.https://doi.org/10.12973/ejmste/79629


Article Metrics

Abstract view : 6949 times | PDF view : 1097 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.