Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare

St. Maryam M(1*), Andi Fajar Asti(2), Rasmi Djabba(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran melalui penerapan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang pecahan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Fokus pada penelitian ini adalah fokus proses dan focus hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 65 Parepare dengan subjek guru dan siswa kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 10 perempuan. Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Setiap siklus dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil pembelajaran siklus I menunjukkan bahwa indikator keberhasilan mencapai kategori cukup namun pada siklus II hasil pembelajaran telah mencapai kategori baik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini mengemukakan bahwa dengan menerapkan metode problem solving dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Problem Solving


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono., supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika Offset

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Djamarah, S. B., Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah, A. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Literasi Nusantara

Lestari, I. 2015. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif. Vol 3 (2)

Marta, R. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Pendekatan Problem Solving Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 (1): 24

Maryam, St. 2012. Peningkatan hasil belajar siswa tentang simetri putar dan lipat bangun datar melalui pendekatan matematika realistik di kelas V SD Negeri 83 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 11 (3)

Novaztiar, L. 2016. Penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Mi Ma’arif nu Kaliwangi Purwojati Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Purwokerto: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Roebyanto, G., Sri, H. 2017. Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rofiati, A., Agus, H. S., Iyon, M., Juariah. 2014. Upaya meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Metode Demonstrasi pada Materi Pokok Bangun datar. Jurnal Analisa, Vol 1 (20)

Sani, R. A. 2015. Inovasi pembelajaran. Jakarta: PT Bumi aksara

Shoimin, A. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Siswono, T. Y. E. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT Remadja Rosdakarya

Suhendri, H. 2011. Pengaruh kecerdasan matematis-logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif, vol 1 (1): 31

Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Goup

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group


Article Metrics

Abstract view : 298 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.