Inovasi Perencenaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA Negeri Sekota Makassar

Mayong Maman(1*), Nurhusna Nurhusna(2), Alfian Tufli(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan inovasi perencenaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri sekota Makassar di masa pandemic covid-19. Penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan data penelitian berupa perencanaan pembelajaran berupa perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru SMA sekota Makassar. Data dikumpulkan melalui angket penelitian. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi perencenaan pembelajaran bahasa Indonesia SMA sekota Makassar di masa pandemi covid-19 berupa (1) penyusunan Perencenaan pembelajaran mengikuti aturan baru dari Kemendikbud selama pandemi covid-19, (2) penyusunan materi bahan ajar disesuaikan dengan model pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru selama pandemic covid-19, (3) pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan sistem pembelajaran daring yang dipilih oleh guru, (4) penyusunan evaluasi pembelajaran disesuaikan dengan model pembelajaran daring yang dipilih oleh guru. Diharapkan penelitian ini dapat bermanfaat untuk guru sebagai tenaga pengajar untuk lebih berinovasi dalam pembelajaran selanjutnya.

Kata Kunci: Perencenaan Pembelajaran, Bahasa Indonesia, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Arifin, Haris Nursyah. 2020. Respon Siswa dalam Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Jurnal. Staindenpasar.ac.id.https://scholar.google.com/scholar?q=related:cxkRgwWDVRoJ:scholar.google.com/&hl=en&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DG8qoNeIrvngJ

Cahyani, Adhetya dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Dari di Masa Pandemi Covid-19I. Jurnal Pendidikan Islam 3 (01), 123-140.2020.https://scholar.google.com/scholar?q=related:cxkRgwWDVRoJ:scholar.google.com/&hl=en&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&u=%23p%3DcxkRgwWDVRoJ

Nurdyansyah & Widod, A. (2018). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rohma, N. (2014). Inovasi Strategi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan PAI. Madrasah . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6 (2), pp.24.

Satrianingrum, Arifah Prima & Prasetyo, Iis. 2020. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5 Issue (2021) pages 633-640. https://obsesi.o.id/index.php/obsesi/article/viuw/574/pdf


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 173 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.