Efektivitas Penerapan Metode Mengajar Dengan Pantulan Bola Ke Tembok Dan Berpasangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Pukulan Drive Dalam Tenis Lapangan Pada Mahasiswa FIK UNM

Yasriuddin Yasriuddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mengajar pantulan bola ketembok dan   dan berpasangan terhadap keterampilan pukulan drive dalam permainan tenis lapangan bagi mahasiswa FIK UNM Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putera Fakultas Ilmu Keolahragaan yang telah lulus mata kuliah tenis lapangan dengan sampel sebanyak 40 orang mahasiswa. Kesimpulan penelitian adalah sebagai berikut: 1). Ada pengaruh yang efektif penerapan metode mengajar pantulan bola ke tembok terhadap keterampilan pukulan drive dalam permainan tenis lapangan bagi mahasiswa. 2). Ada pengaruh yang efektif penerapan metode mengajar berpasangan terhadap keterampilan pukulan drive dalam permainan tenis lapangan bagi mahasiswa. 3). Ada perbedaan pengaruh yang efektif penerapan metode mengajar pantulan bola ke tembok dan berpasangan terhadap keterampilan pukulan drive dalam permainan tenis lapangan bagi mahasiswa yakni metode pantulan bola ke tembok lebih efektif. Makassar.Target luaran yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1).Publikasi ilmiah dan buku ajar, 2) Mahasiswa dapat meningkatkan pukulan drivenya dalam permainan tenis lapangan melalui penerapan metode mengajar pantulan bola ketembok dan berpasangan, 3) Mahasiswa dapat menjadikan penerapan metode mengajar pantulan bola ketembokr dan berpasangan cara belajar pukulan drive dalam tenis lapangan yang menyenangkan, 4) Sebagai referensi metode pengajaran di institusi pendidikan olahraga. Pendekatan penelitian dianggap tepat dilakukan dalam mencari solusi pemecahan masalah dalam bidang olahraga untuk mencapai prestasi dalam permainan tenis lapangan. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu: 1) Studi pendahuluan yang meliputi kajian pustaka dan pra survei, 2) Menetapkan metode mengajar yang meliputi metode mengajar pantulan bola ketembok dan berpasangan.

 

Kata Kunci: Penerapan Metode Mengajar Dalam Tenis Lapangan

Full Text:

PDF

References


Cheryl A. Coker, Motor Learning and Control For Practitioners. New mexico State University Las Cruces, New Mexico, 2004.

Djaali. Konsep Dasar dan Pokok-Pokok Desain Eksperimen. Jakarta: PPs UNJ, 2010.

Ismaryati. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret Press, 2006.

Jonath & Krempel. Dalam Pedoman dan Modul Pemengajar Kesehatan Olahraga Bagi Pelatih Olahragawan Pelajar. Jakarta: Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Departemen Pendidikan Nasional, 2000.

Magill, A. Richard. Motor Learning and Control, Ninth Ed. New York: McGraw- Hill, 2011.

Mantra, Ida Bagoes. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian sosial. Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2004.

Mutohir Toho Cholik. Dimensi Pedagogik Olahraga. Malang: Wineka Media, 2011.

Richard A. Magill. Motor Learning and Control Concepts and Applications Ninth Edition. New York University, 2011.

Sudjana. Desain dan Analisis Eksperimen, Edisi III. Bandung: Tarsito, 1994.

-------------.Metoda Statistika. Penerbit: Tarsito Bandung, 2002.

Sukadiyanto & Muluk, Dangsina. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung, 2011.

Sukadiyanto. Model Pembelajaran dan Kemampuan Koordinasi terhadap Keterampilan Groundstroke Petenis Pemula. Disertasi: PPs UNJ, 2004.

Syaifuddin dan Sudarso. Jurnal IPTEK Olahraga (Vol. 6. No 1, Januari: 2006.

Tangkudung, James dan Puspitorini, Wahyuningtyas. Kepemengajar Olahraga Pembinaa Prestasi Olahraga, Edisi II. Jakarta: Cerdas Jaya, 2012.

--------------. Kepemengajar Olahraga Pembinaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas jaya, 2006.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun, 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2007.


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.