Strategi Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) di Universitas Negeri Makassar

Mustari Mustari(1*), Amri Rahman(2), Asia Asia(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelaksanaan perkuliahan MKWK untuk mendukung penguatan pendidikan karakter di Universitas Negeri Makassar. Jenis dan pendekaatan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mahasiswa peserta MKWK umumnya mengetahui dan memahami MKWK adalah matakuliah yang berfungsi membentuk watak dan keadaban mahasiswa yang bermartabat, mengetahui hakikat MKWK adalah mata kuliah yang memperkuat komitmen spritual mahasiswa. Pengetahuan dan pemahaman tersebut secara umum, responden menyatakan bahwa informasi diperoleh dari dosen MKWK. Terkait dengan nilai karakter yang akan dicapai MKWK. Terkait dengan strategi perkuliahan oleh dosen MKWK, responden juga menyatakan bahwa dosen memakai metode diskusi dan tanyajawab, serta studi kasus pemecahan masalah dikaitkan dengan penguatan pendidikan karakter. Dosen MKWK dalam proses perkuliahan telah mengembangkan intelektual (olah pikir) estetika (olah rasa) etika dan spritual (olah hati), dalam, mengembangkan dan melaksanakan materi ajar dengan mengintegrasikan dan menghubungkan kehidupan nyata sebagai bagian dari cashmethod, dengan memperhatikan masalah kearifan lokal. Dosen MKWK dalam hal penyampaian nilai karekter, dalam hal ini cerdas, jujur, peduli tangguh serta budaya akademik juga menjadi fokus perhatian dalam proses pelaksanaan perkuliahan.

Kata Kunci : Penguatan Karakter pada MKWK


Full Text:

PDF

References


Darmiyadi Zuchdi, dkk 2010. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komperhensip Terintegrasi dalam Perkuliahan Pengembangan Kultur Universitas. ; Yogyakarta, UNY Press.

_________________2017. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Teori dan Praktek, UNY Press

Doni Koesoema.A. 2007. Pendidikan Karakter ; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Cet ; I Jakarta Grasindo.

Kementerian Pendidikan nasional. 2010. Pengembangan pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum.

Kementerian Pendidikan nasional Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi, 2011. Pendidikan karakter di Perguan Tinggi.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2017. Peta jalan: Penguatan Pendidikan Karakter.

Suyadi, 2013, Staretgi pembelajaran pendidikan karakter Cet; II: Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang : Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang :Pendidikan Tinggi

Surat Keputusan DirjenDikti No. 84/E/KTP/ 2020 Tentang :


Article Metrics

Abstract view : 479 times | PDF view : 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.