Hubungan Antara Pemahaman Tugas dengan Kemampuan Melaksanakan Tugas Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai hubungan antara pemahaman tugas dengan kemampuan melaksanakan tugas Pamong Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Penelitian ini termasuk penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua Pamong Belajar yang bekerja di lima Sanggar Kegiatan Belajar, yaitu SKB Ujungpandang, SKB Biringkanaya, SKB Maros dan SKB Pangkep, jumlahnya 31 orang. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pemahaman tugas oleh Pamong Belajar dengan kemampuan melaksanakan tugasnya di SKB. Dengan kata lain, bahwa semakin tinggi tingkat pemahaman Pamong Belajar terhadap tugasnya, semakin mampu pula dalam melaksanakan tugasnya.
Kata Kunci: Pemahaman Tugas, Kemampuan, Pamong Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abdulhak, Ishak. 1986. Strategi Belajar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Karunik
Arikunto, Suharsimi. 1989. Manajemen Penelitian. Jakarta Proyek PLPTK, Depdikbud.
Azwar, Saifuddin, 1987. Tes Prestasi. Yogyakarta: Liberti
Brookfield, S,D., 1987. Understanding and Facilitating Adult Learning. San Fransisco: Josey- Bass Publishers
M. Ali Latif. 1995. “Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Usia dan Masa Jabatan dengan Keberhasilan Melaksanakan Tugas Penilik Dikmas di Sulawesi Selatan” Laporan Penelitaian, Ujungpandang: Lembaga Penelitian IKIP Ujungpandang.
M. Ali Latif. 2020. Manajemen Pelatihan : teori dan Imlementasi. Makasssar: Prodi PLS FIP UNM.
Sudjana, H.D. 1991. Pengantar Manajemen Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Nusantara Press
Sutrisno Hadi. 1980. Statistik II. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan UGM.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Permenpan dan RB Nomor 15 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya. Jakarta
Purwadarminta W.J.S. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Winkel, W.S., 1866. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PR. Garamedia
Article Metrics
Abstract view : 102 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.