Kepraktisan Modul Supervisi Akademik Pada Pelatihan Jarak Jauh Bagi Pengawas Madrasah

Ilham Ilham(1*), Pattaufi Pattaufi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Modul Supervisi Akademik bagi Pengawas Madrasah pada Lingkungan Kementerian Agama. Dimana, penelitian ini peneliti mengambil sampel pada Balai Diklat Keagamaan. Sedangkan masalah pada penelitian ini adalah; Bagaimana kepraktisan modul supervisi akademik pendidikan dan pelatihan pengawas madrasah berbasis distance learning dengan menggunakan google class room? Selain itu, penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Pengembangan dengan Pendekatan 4 D (Define, Design, Develop, dan Desiminate). Hasil dari penelitian ini menunjukan tingkat kepraktisan penggunaan modul supervisi akademik pada diklat pengawas madrasah berbasis distabce learning dengan menggunakan Google class room berdasarkan Uji coba Modul Supervisi Akademik (MSA) pada aspek keterlaksanaan diperoleh skor rata-rata 1,74 atau dinilai terlaksana seluruhnya (1,5 ≤ KM ≤ 2,0) yang berarti bahwa aspek keterlaksanaan kegiatan belajar diklat pengawas madrasah terlaksana seluruhnya. Kemampuan widyaiswara mengelola pembelajaran diperoleh Secara keseluruhan pada setiap aspek, dari hasil pengamatan pada kegiatan belajar, diperoleh skor rata-rata 3,63 atau dinilai sangat tinggi (3,5 ≤ KM ≤ 4,0) yang berarti bahwa secara keseluruhan Widyaiswara mampu mengelola kegiatan belajar supervisi akademik pada diklat pengawas madrasah berada pada kategori sangat tinggi. Selanjutnya respon peserta terhadap kegiatan belajar supervisi akademik pada diklat pengawas madrasah, diperoleh skor rata-rata 3,56 dengan persentase 88,91 yang berarti bahwa respon peserta terhadap kegiatan belajar supervisi akademik pada diklat pengawas madrasah berada pada respom yang sangat tinggi. Sedangkan respon widyaiswara terhadap kegiatan belajar supervisi akademik pada diklat pngawas madrasah, diperoleh skor rata-rata 3,450 dengan persentasi 86,25 %. dengan demikian secara kesuluhan, modul supervisi akademik terlaksana dengan kategori sangat praktis.

 

Kata Kunci: Kepraktisan Modul, Suprvisi Akademik, Pelatihan Jarak Jauh, Pengawas Madrasah


Full Text:

PDF

References


Amiroh. 2012. Kupas Tuntas Membangun E-Learning dengan Learning Management System Moodle., , Sidoarjo: Genta Group.

Hardjito. 2002. Internet untuk Pembelajaran. (online). Tersedia: http://www.pustekkom.go.id/teknodik/t-10/10-3.html. di akses 15 November 2016Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. 2006, Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara No. 1 Tahun 2006 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan angka Kreditnya.

Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.

Wiles, J., & Bondi. J. 1986. Supervision a Guide to Practice (2 nd ed). London: A Bell&Howell Company.

Supangat. 2011. “Transformasi Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional” dalam Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 15 Nomor 1.

Subari, 2004. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. (Jakarta: Bumi Aksara).

S Syaodih Nana, (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah (konsep, prinsip, dan instrumen). Bandung: Aditama

Sugyono, 2009. Research and Development (R&D). Alfabeta: Bandung.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan, 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Cet II, Jakarta: PT. Imtima.

Triyanto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, (Jakarta: Kencana).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Videlia Dipna 2020. Daftar E-Learning Kemendikbud, Sekolah Online untuk Mencegah


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.