Analisis Butir Tes Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Di UPTD SD Negeri 1 Barru

Kamaruddin Hasan(1), Nurul Mukhlisa(2*), Nurjannah Nurjannah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes ulangan akhir semester mata pelajaran matematika di UPTD SD Negeri 1 Barru ditinjau dari validitas isi, validitas kriteria, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh data hasil jawaban ulangan akhir semester mata pelajaran matematika peserta didik kelas 4, 5, dan 6 di UPTD SD Negeri 1 Barru. Teknik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis butir tes dilakukan dengan dua cara, yaitu analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek validitas isi, maka soal tes ulangan akhir semester mata pelajaran matematika tidak valid secara isi, ditinjau dari aspek validitas kriteria, maka soal tes ulangan akhir semester mata pelajaran matematika keseluruhan belum dapat dikatakan valid karena sebagian besar soal yang digunakan tidak valid, ditinjau dari aspek reliabel, maka soal tes ulangan akhir semester mata pelajaran matematika telah reliabel, ditinjau dari aspek tingkat kesukaran, maka soal tes ulangan akhir semester mata pelajaran matematika memiliki sebaran perbandingan tingkat kesukaran yang proporsional, dan ditinjau dari aspek daya beda, maka soal tes ulangan akhir semester mata pelajaran matematika secara keseluruhan memiliki daya beda butir yang baik.

 

Kata Kunci: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda

Full Text:

PDF

References


Arbiatin, E. & Mulabbiyah. (2020). Analisis Kelayakan Butir Soal Tes Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kelas VI di SDN 19 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020, el-Midad : Jurnal PGMI, 12 (2), 146-171.

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Astuti. (2020). Analisis Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Matematika Siswa SD Negeri 005 Binuang Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (1), 867-880.

Faridah, A, (2017). Permasalahan Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasioanal Tahun 2017. Info Singkat: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Lian, G Otawa. (2014). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Menurut Teori Tes

Klasik dengan Menggunakan Program Iteman. Jurnal Mana jemen

Pendidikan Islam, 2(2), 231-251

Kusaeri & Suprananto. (2002). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mansyur, Rasyid, H., & Suratno. (2015) Asesmen Pembelajaran di Sekolah Panduan bagi Guru dan Calon Guru. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Setiawan, D. F. (2018). Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan (Prinsip dan Oprasionalnya). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widayati, A. (2013). Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 10 (2), 1-26.

Widyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Article Metrics

Abstract view : 350 times | PDF view : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.