Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di SD Sudirman I Kota Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) gambaran peran guru dan orang tua murid, dan (2) faktor pendukung dan penghambat peran guru dan orang tua murid dalam pembelajaran daring di masa pandemic covid-19 di SD Sudirman I Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, disertai analisis keabsahan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan Hasil penelitian menunjukkan guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran khususnya pada masa pandemi covid-19. Guru tetap menjalankan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan formal. Tugas guru dapat terlaksana atas dukungan keaktifan peserta didik dan media pembelajaran yang variatif. Namun demikian, pelaksanaan pembelajaran daring memiliki tantangan/kendala seperti: sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan teknis implementasi. Sedangkan peran orang tua murid sangat di perlukan untuk proses pemebalajaran anak selama study from home untuk membimbing, memfasilitasi, memotivasi dan mendampingi anak dalam belajar dan memberikan edukasi untuk melihat langsung perkembangan kemampuan anaknya dalam belajar serta meningkatnya kelekatan hubungan orang tua dengan anaknya. Namun faktor penghambat adalah jaringan yang terkadang terganggu, tugas yang berlebihan dan tidak dimengerti orang tua, dan terlalu lama anak tidak kesekolah sehingga menimbulakan kejenuhan anak belajar di rumah.
Kata Kunci: Peran Guru, Orang Tua, Pembelajaran Daring
Full Text:
PDFReferences
Heriyani. 2010. Peran Orang Tua dalam Membimbing Belajar Anak Mata Pelajaran
Indah Winarsieh dan Itsni Putri Rizqiyah (2020). Peranan Guru dalam pembelajaran Daring pada masa pandemi. Indonesian Journal of Teacher Education, Vol. 1 No. 4. 2020: 159-164
Muhammad Fadhil Al Hakim, (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Educational Journal of History and Humanities, Februari, 1(1), 202, hal 23-32
Nika Cahyati dan Rita Kusumah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 152-159 E-ISSN : 2549-7367
Pane. 2020. Peran Orang Tua dalam Mendidlk Akhlak Anak, Jakarta: Rineka Cipta
Sofyana. 2019. Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang Tua. Kompasiana.
Sugiyono. 2018. Melode Penelitian KuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2018). Mendidik Anak di Era Digital. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.file :///E: .Spot_Mendid1k-Anak-di-Era-Digital-REV .pdf
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: PerspektifPendidikan, 35
Widayati. 2018. Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan islam. Lampung Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Întan Lampung.
Yuliani, M., dkk (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan.Yayasan Kita Menulis.
Article Metrics
Abstract view : 175 times | PDF view : 35 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.