Peran Guru dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di SD Sudirman I Kota Makassar

Andi Makkasau(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Hotimah Hotimah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  (1) gambaran peran guru dan  orang tua murid,  dan (2) faktor pendukung dan penghambat peran guru dan orang tua murid dalam pembelajaran daring di masa pandemic covid-19 di SD Sudirman I Kota  Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kualitatif  dengan menggunakan analisis deskriptif, disertai analisis keabsahan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan Hasil penelitian menunjukkan  guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran khususnya pada masa pandemi covid-19. Guru  tetap menjalankan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan formal. Tugas guru dapat terlaksana atas dukungan keaktifan peserta didik dan media pembelajaran yang variatif. Namun demikian, pelaksanaan pembelajaran daring memiliki tantangan/kendala seperti: sumber daya manusia, sarana-prasarana, dan teknis implementasi. Sedangkan peran orang tua murid sangat di perlukan untuk proses pemebalajaran anak selama study from home untuk membimbing, memfasilitasi, memotivasi dan mendampingi anak dalam belajar dan memberikan edukasi untuk melihat langsung perkembangan kemampuan anaknya dalam belajar serta meningkatnya  kelekatan hubungan orang tua dengan anaknya. Namun faktor penghambat adalah jaringan yang terkadang terganggu, tugas yang berlebihan dan tidak dimengerti orang tua, dan terlalu lama anak  tidak kesekolah sehingga menimbulakan  kejenuhan anak belajar di rumah.

 

Kata Kunci: Peran Guru, Orang Tua, Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Heriyani. 2010. Peran Orang Tua dalam Membimbing Belajar Anak Mata Pelajaran

Indah Winarsieh dan Itsni Putri Rizqiyah (2020). Peranan Guru dalam pembelajaran Daring pada masa pandemi. Indonesian Journal of Teacher Education, Vol. 1 No. 4. 2020: 159-164

Muhammad Fadhil Al Hakim, (2021). Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemic COVID-19. Educational Journal of History and Humanities, Februari, 1(1), 202, hal 23-32

Nika Cahyati dan Rita Kusumah. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 152-159 E-ISSN : 2549-7367

Pane. 2020. Peran Orang Tua dalam Mendidlk Akhlak Anak, Jakarta: Rineka Cipta

Sofyana. 2019. Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang Tua. Kompasiana.

Sugiyono. 2018. Melode Penelitian KuantitatifKualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukiman. (2018). Mendidik Anak di Era Digital. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga.file :///E: .Spot_Mendid1k-Anak-di-Era-Digital-REV .pdf

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: PerspektifPendidikan, 35

Widayati. 2018. Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan islam. Lampung Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Întan Lampung.

Yuliani, M., dkk (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan.Yayasan Kita Menulis.


Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.