Profil Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Biologi FMIPA UNM

Adnan Adnan(1*), Faisal Faisal(2), Akhmad Faqih Dzulkarnain(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian survei, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa biologi FMIPA UNM. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA UNM. Populasi penelitian adalah keseluruhan mahasiswa jurusan biologi yang aktif pada tahun ajaran 2020/2021. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel penelitian keseluruhan sebanyak 139 orang yang diambil dari Angkatan 2018, 2019, dan 2020. , terdiri dari mahasiswa program studi Pendidikan biologi sebanyak 81 orang dan mahasiswa program studi biologi sebanyak 58 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument test yang berorientasi berpikir tingkat tinggi. Terknik pengambilan data dilakukan dengan melaksanakan test secara online dengan menggunakan aplikasi google form. Analisis data dilakukan secara deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM dalam kategori sangat baik sebanyak 2,88%, kategori baik sebanyak 8,63%, kategori cukup baik sebanyak 64,74%, kategori rendah sebanyak 15,82%, dan kategori sangat rendah sebanyak 7,91%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa juruan biologi FMIPA UNM masih dalam kategori cukup baik.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi, Mahasiswa Biologi, FMIPA

Full Text:

PDF

References


Adnan dan Bahri, A. 2018. Beyond effective teaching: Enhancing students’ metacognitive skill through guided inquiry. J. Phys.: Conf. Ser. 954 012022. https://iopscience.iop.org/ article/10.1088/1742-6596/954/1/012022/pdf

Adnan., Mulbar, U, Sugiarti., & Bahri, A. Scientific Literacy Skills of Students: Problem of Biology Teaching in Junior High School in South Sulawesi, Indonesia. International Journal of Instruction. Vol.14, No.3. pp. 847-860.

Ariana, Y; Pudjiastuti, A; Bestary, R; dan Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Karli., Hilda. 2012. Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Berfikir. Jurnal Pendidikan Penabur. 18 (11).

Lim, Leonel. 2011. Beyond logic and argument analysis: Critical thinking, everyday problems and democratic deliberation in Cambridge International Examinations’ Thinking Skills curriculum. Journal of Curriculum Studies, 43 (6), 783-807.

Muis, A., Adnan., & Arifin A.N. 2016. Investigasi Persiapan dan Pelaksanaan Perkuliahan Biologi Dasar Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 19 (1).

Reta, I Ketut. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurusan Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Urban, K.K. 2004. Assesing Creativity: The Test for Creative Thinking- Drawing Production The Concept, Application, Evaluation, and International Studies. Journal of Psychology Science. Vol.46.

Widana, I. W. 2017. Modul Penyusunan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 189 times | PDF view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.