Poster Berbasis Augmented Reality Videos Sebagai Media Promosi Kesehatan di Universitas

Hendra Nelva Saputra(1*), Alfiah Fajriani(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Kendari
(2) Universitas Muhammadiyah Kendari
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Poster berbasis augmented reality videos merupakan inovasi yang belum pernah dilakukan sebagai media informasi protokol kesehatan di lingkungan Universitas. Perihal ini menjadi ruang baru untuk melakukan penelitian dalam rangka menekan laju covid-19 yang diakibatkan oleh klaster lingkungan Universitas. Selain itu, peneliti meyakini bahwa kombinasi 3 jenis media berupa teks, gambar, dan video dapat teraplikasi secara bersamaan dalam sebuah media poster. Penelitian ini bertujuan untuk membuat poster berbasis augmented reality videos yang layak digunakan sebagai media informasi protokol kesehatan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Kendari. Penelitian poster berbasis augmented reality videos menggunakan model yang dikembangkan oleh Lee & Owens yang memiliki empat tahapan yaitu asesmen/analisis, desain, pengembangan & implementasi, dan evaluasi. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini diperoleh informasi bahwa hasil penilaian ahli media memberikan tingkat kelayakan 93,68% terkategori sangat valid. Hasil uji yang dilakukan pada ahli materi diperoleh tingkat kelayakan sebesar 90,91% terkategori sangat valid. Uji lapangan dilakukan pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari dengan perolehan rerata penilaian sebesar 86,61% yang dikategorikan sangat layak. Hasil uji yang dilakukan pada semua subjek uji menunjukkan bahwa poster berbasis augmented reality videos sangat valid untuk digunakan sebagai media informasi kesehatan pada lingkungan Universitas Muhammadiyah Kendari.

 

Kata Kunci: Poster, Augmented Reality Videos, Media Informasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran (ed. 4). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andriani, Y., Suwarni, L., & Arfan, I. (2020). Mini Poster Berbahasa Daerah Sebagai Alternatif Media Promosi Kesehatan Kepatuhan Mencuci Tangan. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JIKA), 2(1), 9–18.

Dityatulloh, S. R., & Santosa, A. B. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Pada Mata Pelajaran Sensor dan Aktuator Kelas XI TEI SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2), 166–173.

Dunleavy, M., Dede, C., & Mitchell, R. (2009). Affordances and limitations of immersive participatory augmented reality simulations for teaching and learning. Journal of Science Education and Technology, 18(1), 7-22.

Fitri, I., & Wiji, R. N. (2019). Efektivitas Media Poster Sebagai Implementasi Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi). Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 242-252.

Hanan, R. A., Fajar, I., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2018). Desain Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Bidang Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 287-299.

Harsismanto, J., Oktavidiati, E., & Astuti, D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Media Video Dan Poster Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Dalam Pencegahan Penyakit Diare. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 75-85.

Jumilah, J., Jauhari, A. H., & Ridha, A. (2014). Efektifitas Media Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Kesehatan Gigi. JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan, 2(1), 1-12.

Molnár, G., Szűts, Z., & Biró, K. (2018). Use of augmented reality in learning. Acta Polytechnica Hungarica, 15(5), 209-222.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Edukasi Elektro, 1(1), 36–48.

Pamoedji. A. K., Maryuni., & Sanjaya. R. (2017). Mudah Membuat Game Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan Unity 3D. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Purniawan, A. E. (2016). Efektifitas Media Poster Dan Audio Visual (Video) Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Tb Paru (Studi Di Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati, (Skripsi). Retrieved from http://repository.unimus.ac.id/23/

Rahmaniati, R. (2015). Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V B SDN 6 Langkai Palangka Raya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 10(2), 59–64.

Rizawayani, Sari, S. A., & Safitri, R. (2017). Pengembangan Media Poster Pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 127–133.

Saputra, H. N., Salim, S., Idhayani, N., & Prasetiyo, T. K. (2020). Augmented Reality-Based Learning Media Development. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 176-184. https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.258

Sudaryanto, M. A. (2018). Aplikasi Pengenalan Fauna yang Dilindungi Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. J-INTECH: Journal of Information and Technology, 6(2), 194-201. https://doi.org/10.32664/j-intech.v6i02.251

Sulistyono, Y. (2015). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Varia Pendidikan, 27(2), 208-215. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i2.1402

Soepriyanto, Y., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2017). Pengembangan Augmented Reality Sebagai Electronic Performance Support System Dalam Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 1-10.

Sumartono, & Astuti, H. (2018). Penggunaan poster sebagai media komunikasi kesehatan. Komunikologi, 15(1), 8–14.

Utomo, S. S., Sudarnika, E., & Lukman, D. W. (2018). Pengembangan Metode Promosi Kesehatan tentang Rabies untuk Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penyuluhan, 14(2), 234–243.

Wu, H. K., Lee, S. W. Y., Chang, H. Y., & Liang, J. C. (2013). Current Status, Opportunities and Challenges ff Augmented Reality in Education. Computers &Education, 62, 41-49.

Yaszak, F. S. Y. S., Ma’aruf, Z. M. A., & Yennita, Y. (2015). Penggunaan Media Poster Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuantan Hilir Seberang. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1-11.

Yip, J., Wong, S., Yick, K., Chan, K., & Wong, K. (2019). Improving Quality of Teaching and Learning in Classes by Using Augmented Reality Video. Computers and Education, 128(1), 88-100. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.09.014


Article Metrics

Abstract view : 458 times | PDF view : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.