Dampak Pandemi Covid-19 dan Pembelajaran Daring di Kampung Atas Air Balikpapan

Nurul Kamaliah Umasangaji(1*), Andi Agustang(2), Arlin Adam(3), Andi Alim(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Pejuan Republik Indonesia
(4) Universitas Pejuan Republik Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Covid-19 merupakan pandemic yang menjadikan iklim pendidikan yang berubah di Indonesia secara signifikan, terutama di dunia pendidikan. Pembelajaran anak sekolah berubah drastic yang awalnya tatap muka menjadi dalam jaringan atau yang kita kenal dengan istilah daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran daring dan kajian dampak pandemi covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik angket tidak struktur dan studi pustaka. Subjek penelitian berjumlah 6 responden, yaitu 2 guru kelas, 2 orang tua siswa, 2 siswa. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran daring di wilayah Kampung di Atasa Air Balikpapan dengan Siswa yang duduk pada bangku  SD dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp, google classroom, google meet, video youtube, video pembelajaran guru dan zoom meeting. Dampak positif adanya pandemi Covid-19, bagi guru, siswa, dan orang tua mengenal aplikasi – aplikasi pembelajaran. Namun, lebih banyak dampak negatif yang diperoleh, diantaranya guru memiliki tenaga ekstra dalam melayani siswa, pembelajaran tidak sesuai dengan harapan karena banyak kendala di lapangan, tidak maksimalnya sarana prasarana pendukung menjadi kendala utama sehingga pembelajaran tidak efektif dan efisien. Peserta didik tidak konsentrasi, banyak bermain bahkan tidak mengumpulkan tugas karena malas menyelesaikannya. Orangtrua mengeluarkan biaya tambahan dalam hal menyiapkan data kuota atau jaringan internet.

 

Kata Kunci: Dampak Covid-19, Pembelajaran Daring, Kampung Atas Air

Full Text:

PDF

References


Chakraborty, M., & Muyia Nafukho, F. (2014). Strengthening student engagement: What do students want in online courses? European Journal of Training and Development, 38(9), 782–802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11-2013-0123

Donthu, N., & Gustafsson, A. (2020). Effects of COVID-19 on business and research. Journal of Business Research, 117(June), 284–289. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.06.008

Daniel, Aldrich. (2020).Pandangan Para Ahli soal Social Distancing dan Physical Distancing, Artikel

Kompas.comhttps://www.kompas.com/tren/read/2020/03/30/071700465/pandangan-para-ahli-soal-social-distancing-dan-physical-distancing?page=all.

Li, S., Wang, Y., Xue, J., Zhao, N., & Zhu, T. (2020). The impact of covid-19 epidemic declaration on psychological consequences: A study on active weibo users. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6). https://doi.org/10.3390/ijerph17062032

Poudel, K., & Subedi, P. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on socioeconomic and mental health aspects in Nepal. International Journal of Social Psychiatry, 66(8), 748–755. https://doi.org/10.1177/0020764020942247

Tjandra, D. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Abad 21. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1-10.

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 82-92.

Yusuf, B., & M. Nur.,Qomarudin. (2015). Essensi Pengembangan Pembelajaran Daring. ISBN: 978-602-280-962-3 Tahun: Sep-16 Tebal: xiv.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1).


Article Metrics

Abstract view : 128 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.