Geografi Emosi Dosen Olahraga terhadap Publikasi Internasional

Hj. Hasmyati Hj. Hasmyati(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Beberapa tahun terakhir, jumlah publikasi internasional yang ditulis oleh ilmuwan Asia mengalami peningkatan. Kesadaran akan pentingnya publikasi Internasional semakin meningkat dan menyentuh seluruh kalangan akademisi di berbagai bidang keilmuwan. Tidak terkecuali di Indonesia, para peniliti local juga mulai aktif mengirim hasil penelitian di jurnal internasional, meskipun banyak mengalami kendala. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi pengalam emosi dosen olahraga pada saat mempublikasi karya tulis mereka di jurnal internasional bereputasi. Desain penelitian menggunakan studi kasus yang mengkaji fenomena-fenomena atau realita sosial yang membutuhkan interpretasi mendalam. Penelitian berlangsung selama tiga bulan (dari April hingga Juni 2021), wawancara semi-terstruktur dilakukan untuk mengumpulkan data empiris. Kami menggunakan pedoman wawancara yang terkait dengan masalah seperti langkah-langkah apa yang dilakukan untuk publikasi internasional, harapan dalam publikasi internasional, peluang untuk publikasi artikel di jurnal internasional, tantangan yang dihadapi, dan urgensi dari publikasi internasional.

Kata Kunci: Emosional, Olahrga, Dosen, Peluang untuk Publikasi Internasional


Full Text:

PDF

References


Anderson, K., & Smith, S. J. (2001). Emotional geographies. Transactions of the Institute of British Geographers, 26(1), 7-10. DOI: 10.1111/1475-5661.00002

Bondi, L. (2016). Emotional geographies. New York: Routledge.

Cho J. (2017). “A comparative study of the impact of Korean research articles in four academic fields using altmetrics”. Performance Measurement and Metrics, 18 (1), 38-51. https://doi:10.1108/PMM-02-2016-0005.

Castro, L. R., Brady, M., & Cook, M. (2020). Negotiating „ideal worker‟ and intensive mothering ideologies: Australian mothers‟ emotional geographies during their commutes. Social and Cultural Geography. Terbit pertama online, (hlm. 1-19). DOI: 10.1080/14649365.2020.1757140

Hargreaves, A. (2001). Emotional geographies of teaching. Teachers College Record, 103(6), 1056-1080. DOI: 10.1111/0161-4681.00142

Liu, Y. (2016). The emotional geographies of language teaching. Teacher Development, 20(4), 482-497. DOI: 10.1080/13664530.2016.1161660

Kolahi, J. & Khazaei. (2016). “Almetric : Top 50 dental articles in 2014”. British Dental Journal, 220, 569 – 574. https://doi.org/10.1038/sj.bdj.2016.411

Marvell, A., & Simm, D. (2018). Emotional geographies experienced during international fieldwork: An evaluation of teaching and learning strategies for reflective assessment. Journal of Geography in Education. Terbit pertama online, (hlm. 1-16). DOI: 10.1080/03098265.2018.1460806

Times Higher Education World University Rankings. (2014). Times Higher Education World University Rankings: Methodology. Accessed August 28, 2014 http://www.timeshighere ducation.co.uk/world-university-rankings/2014–15/world-ranking/methodology. DOI: 10.1080/00131857.2020


Article Metrics

Abstract view : 124 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.