Birorasi Rasional Dalam Pelayanan Publik (Studi pada Kantor UPT Samsat Kabupaten Gowa)

Muhammad Nur Yamin(1*), Vhira Humayra Destira(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rasionalitas birokrasi dalam pelayanan publik dan faktor penghambat rasionalitas pelayanan publik di Kantor UPT Samsat Kabupaten Gowa. Metode penelitian digunakan bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian yaitu rasionalitas birokrasi dan pelayanan publik di Kantor UPT Samsat Kabupaten Gowa.  Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Spradley. Hasil penelitian menunjukkan di Kantor UPT Samsat Kabupaten Gowa rasionalitas birokrasi dilihat dari tipe ideal birokrasi yaitu: standardisasi dan formalisasi, pembagian kerja dan spesialisasi, profesionalisasi, dan dokumen tertulis sudah rasional, namun  hierarki otoritas belum rasional. pelaksanaan pelayanan publik melihat dari kualitas pelayanan yaitu: transparansi, akuntabilitas, kondisional, kesamaan hak, dan  keseimbangan hak dan kewajiban sudah baik terkecuali. partisipatif belum baik. Rasionalitas birokrasi  Kantor UPT Samsat Kabupaten Gowa sudah sebagaimana mestinya, Begitupun pelayanan publik. Faktor penghambat dalam rasionaliata birokrasi dan pelayanan publik yaitu masih kurangnya kesadaran masyarakat dan masih berkembangnya budaya “kekeluargaan” pada hierarki otoritas, sedangkan faktor penunjang yaitu keramahan, profesionalitas, dan kepada masyarakat tanpa membeda-bedakan status, golongan, suku serta ras tertentu dalam memberikan pelayanan publik. Diharapkan pegawai Kantor UPT Samsat Kabupaten Gowa mempertahankan sikap ramah dan profesionalitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

 

Kata Kunci: Rasionalitas Birokrasi, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Abas. 2017. Birokrasi dan Dinamika Politik Lokal. Yogyakarta: Alta Utama.

Agus, Dwiyanto. 2012. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media

Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Holilah. 2013. Etika Administrasi Publik . Jurnal Review Politik Vol. 03 No. 02, Desember 2013

Joko, Widodo. 2001. Good Governance: Telaah Dari Dimensi Akuntabilitas Dan Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah. Surabaya: Insan Cendekia.

Kadir, Abdul. 2015. Prinsip-prinsip Dasar Rasionalisasi Max Weber pada Organisasi Perangkat Daerah Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik, Vol.1(No.1), 40–54.

Makmur. 2013. Patologi Serta Terapinya dalam Ilmu Administrasi dan Organisasi. Bandung: Refika Aditama.

Niswaty, R., Nur, A. Cudai., dan Suhaedah, S.. 2020. Standar Pelayanan Publik Kecamatan Bontomarannu. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1 No.1

Sampara. Lukman. 2007. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta: STIA LAN Press.

Santosa, P.,2017. Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance. Bandung: Refika Aditama.

Sinambela, L. P.. 2017. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan, dan Politik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumaryadi, I. N. 2016. Reformasi Birokrasi Pemerintahan Menuju Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Thoha, M. 2016. Birokrasi dan Politik di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wakhid, A. A. 2011. Eksistensi Konsep Birokrasi Max Weber Dalam Reformasi Birokrasi Di Indonesia. Jurnal TAPIs, 7(2), 125–146.


Article Metrics

Abstract view : 358 times | PDF view : 3694 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.