Distorsi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pendidikan Jarak Jauh Pada Era Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Majene, Indonesia
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara mendalam tentang Pelaksanaan dan Distorsi pendidikan karakter siswa dalam Pendidikan Jarak Jauh pada era Pandemi Covid-19 di Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi barat, Indonesia. Data dikumpulkan melalui responden sebanyak 4.380 orang. Responden dipilih secara sengaja pada orang tua siswa atau yang mewakili, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Majene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 291 sekolah yang tersebar pada 8 (delapan) Kecamatan dengan jumlah 44.949 peserta didik yang aktif melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (e-learning). Aplikasi yang sering digunakan selama pembelajaran jarak jauh adalah WhatsApp, Ruang Guru, Zoom Meeting, dan Google Calssroom, dan aplikasi-aplikasi lain. Distorsi karakter religius yang mengkuatirkan adalah pada aspek kepedualian pada sesama yang dapat menimbulkan intoleransi, individualistik, dan kurangnya penghargaan kepada orang lain. Distorsi pada karakter nasionalisme muncul karena selama pembelajaran jarak jauh para siswa hampir tidak pernah lagi menghadiri kegiatan bersifat kenegaraan. Distorsi karakter kemandirian siswa ditandai dengan berkembangnya sikap yang mengantungkan diri pada orang tua atau pendampingnya selama melakukan pembelajaran daring. Distorsi pada karakter gotong royong dipicu oleh kurangnya interaksi antar siswa mengakibakan kurangnnya saling pemahaman, tidak saling menghargai, siswa menjadi sangat tertutup dengan teman sebaya. Individualis yang muncul dalam diri siswa mengibatkan kurangnya tolong-menolong antar siswa, kurangnya solidaritas, rendahnya rasa empati yang mengakibatkan sikap kerelawanan menjadi rendah. Distorsi karakter Integritas siswa yaitu kecenderungan siswa untuk tidak jujur pada saat mengikuti tes/ujian. Bentuk kecurangan siswa yaitu dengan memanfaatkan mesin aplikasi pencari untuk menemukan jawaban, serta menggunakan chating di media sosial antar teman.
Kata Kunci: Distortion, Character Education, Distance Education, E-Learning
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136
Al Lily, A. E., Ismail, A. F., Abunasser, F. M., & Alhajhoj Alqahtani, R. H. (2020). Distance education as a response to pandemics: Coronavirus and Arab culture. Technology in Society, 63(June), 101317. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101317
Ambarita, J. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. PROSIDING SNITT POLTEKBA, 370–380. https://jurnal.poltekba.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1045/649
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008
Ariadhy, & Shulby Yozar, D. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh Di Era Pandemi. ANOA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1234/anoa.v1i3.13640.g9544
Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–21. https://doi.org/10.1080/0020739X.2021.1875072
Bokayev, B., Torebekova, Z., Davletbayeva, Z., & Zhakypova, F. (2021). Distance learning in Kazakhstan: estimating parents’ satisfaction of educational quality during the coronavirus. Technology, Pedagogy and Education, 00(00), 1–13. https://doi.org/10.1080/1475939X.2020.1865192
Eko, B. S., & Putranto, H. (2019). The Role of Intercultural Competence and Local Wisdom in Building Intercultural and Inter-religious Tolerance. Journal of Intercultural Communication Research, 48(4), 341–369. https://doi.org/10.1080/17475759.2019.1639535
Ernita Dewi. (2012). Transformasi Sosial Dan Nilai Agama. Jurnal Imlu-Ilmu Usuluddin Dan Filsafat, 128, 112–121.
Ferraro, F. V., Ambra, F. I., Aruta, L., & Iavarone, M. L. (2020). Distance learning in the covid-19 era: Perceptions in Southern Italy. Education Sciences, 10(12), 1–10. https://doi.org/10.3390/educsci10120355
Gardanova, Z., Ponkratov, V., Kuznetsov, N., Nikitina, N., Dudnik, O., Latypova, E., & Shcherbatykh, S. (2020). A model for optimizing the structure of teaching techniques for distance learning in the russian higher education system. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(4), 1–21. https://doi.org/10.3390/joitmc6040147
Guntoro. (2020). Transformasi Budaya Terhadap Perubahan Sosial Di Era Globalisasi. Jurnal Asketik: Agama Dan Perubahan Sosial, 4(1), 22–33.
Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 15–24. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.212
Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(c), 75–86. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan
Leasa, M., & Batlolona, J. R. (2017). Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Siswa Smkn 13 Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 6(1), 73. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v6i1.9903
Maharani; Hasyim, M. q. S. (2018). Sibaliparriq Culture Dynamics in Mandar Community. Proceeding of ICER 124th International Conference, 6, p28-32.
Marini, S., & Milawati, M. (2020). Distance Learning Innovation Strategy in Indonesia During the COVID-19 Pandemic. 488(Aisteel), 416–421. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.085
Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–82.
Nugroho, B. (2010). Institutional Development for Community Forest Revolving Fund. Jurnal Manajemen Hutan Tropika, XVI(3), 118–125.
Nurwahyuni, A. (2019). Literature Review: Perbedaan Pendidikan Karakter yang Diterapkan pada Generasi X, Y dan Z. Psikologi Pendidikan, April, 66–75. http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/9-LITERATURE-REVIEW-PERBEDAAN-PENDIDIKAN-KARAKTER-YANG-DITERAPKAN-PADA-GENERASI-X-Y-DAN-Z-66-75.pdf
Pandey, D., & Sharma, P. S. (2020). Distance Learning in Higher Education during Pandemic: Challenges and Opportunities Management of Technology Enhanced Learning in Higher Education: A Study from Students Perspective in Chhattisgarh View project. Article in The International Journal of Indian Psychology, 8(2), 25–28. https://doi.org/10.25215/0802.204
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Rosala, D. (2016). Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Kearifan Lokal Dalam Upaya Membangun Pendidikan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar. Ritme, 2(1), 16–25.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saraswati, R. (2014). Arah Politik Hukum Pengaturan Desa Ke Depan (Ius Constituendum). Masalah-Masalah Hukum, 1(1), 313–321.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1, 12. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830
Sibarani, R. (2018). The role of local wisdom in developing friendly city. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 126(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/126/1/012094
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sztompka, P. (2010). Sosiologi Perubahan Sosial. Prenada Media, Jakarta.
Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan Anak dalam Keluarga Era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710
Unayah, N. (2016). Identifikasi Kearifan Lokal Dalam Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil. Sosio Informa, 2(1), 1–18.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Wijayanto, A. (n.d.). Bunga Rampai Kolaborasi Multidisiplin Ilmu Dalam Menghadapi Tantangan Di Era New Normal (1st ed.). Akademia Pustaka.
Article Metrics
Abstract view : 597 times | PDF view : 380 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.