Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 7 Pangkep

Samsinar Samsinar(1*), Muhammad Azis(2), Fajriani Azis(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembelajaran yang dilakukan secara daring menjadi solusi terbaik di tengah pandemi Covid-19, sehingga proses pembelajaran pun dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi dan media internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19 berdasarkan aspek teknis, proses pembelajaran, dan dukungan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 7 Pangkep dan sampel dipilih secara acak dengan menggunakan metode slovin sehingga diperoleh 190 siswa yang menjadi respondenl dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibuat pada google form. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran daring yang banyak digunakan di SMK Negeri 7 Pangkep adalah dengan menggunakan whatsapp group. Selanjutnya, siswa cukup mendapat dukungan dari pemerintah, sekolah, dan wali murid dalam melaksanakan pembelajaran daring. Namun, sebagian besar siswa mengalami kendala terkait signal internet selama pembelajaran daring. Selanjutnya siswa menyatakan lebih tertarik belajar di kelas karena dapat berinteraksi secara langsung dengan guru mereka. Selain itu siswa telah membaca bahan ajar namun tidak memahami materi dan merasa tertekan karena tugas yang diberikan terlalu banyak sehingga siswa tidak bisa mengerjakan secara mandiri.

Kata Kunci : Persepsi Siswa, Pembelajaran Daring


Full Text:

PDF

References


Bentley, Selassie, & Shegunshi. 2012. Design and evaluation of student-focused eLearning. Electronic Journal of E-Learning, Vol. 10 No. 1: 1–12. https://doi.org/10.1007/s10648-013-9243-1

Hidayat, A., & Sadewa, P. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 321–328.

Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Prenhallindo

Kučírková. 2012. Comparison of Study Results of Business English Students in e-learning and Face-to-face courses. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, Vol. 5 No.3 https://doi.org/10.7160/eriesj.2012.050306

Lashley, Y. G. .2014. Integrating computer technology in the teaching of Biology. International Journal Of Biology Education , 3(2).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan COVID-19 Pada Satuan Pendidikan. Jakarta.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education.

Mustofa; Chodzirin, & Sayekti. 2019. Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id)” WJIT: Walisongo Journal of Information Technology, Vol.1 No. 2: 151-160. doi: 10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Puspaningtyas, N.D. dan Dewi, P.S. 2020. Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Volume 3, No. 6, November 2020.

Saragih, Sebayang, F.A.A, Sinaga, A.B, dan Ridlo, M.R. 2020. Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran Volume 7 No. 3, November 2020.

Singh, G., O ’donoghue, J., & Worton, H. 2005. A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal Journal of University Teaching & Learning Practice, 2(1).

fa, M., & Puspaningtyas, N. D. 2020. The Effectiveness of Blended Learning Using A Learning System in Network (SPADA) in Understanding of Mathematical Concept. Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 47–60. https://core.ac.uk/download/pdf/327234460.pdf


Article Metrics

Abstract view : 562 times | PDF view : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.