Strategi Keberdayaan Masyarakat Menuju Desa Wisata Berbasis Masyarakat Yang Berkelanjutan

Irwan Irwan(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi transformasi konsep pemberdayaan masyarakat menjadi konsep keberdayaan masyarakat di daerah objek wisata dan menganalisis potensi sumber daya sosial serta sumber daya objek penelitian untuk menjadi desa wisata berbasis masyarakat yang berkelanjutan. Penelitian ini dilaksanakan di objek wisata Panrangluhung, Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah qualitative jenis studi kasus. Informan penelitian ditentukan secara purposive yang terdiri dari kepala desa, Badan Perwakilan Desa (BPD), tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh perempuan, tokoh pemuda, masyarakat desa, aparat pemerintah kecamatan dan aparat Dinas Pariwisata Kabupaten. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat belum merasakan dampak ekonomi secara langsung terhadap keberadaan objek wisata tersebut. Meskipun demikian, masyarakat mengaku bersedia melibatkan diri untuk memajukan pariwisata di daerah mereka. Data menunjukkan bahwa pengembangan objek wisata berbasis masyarakat belum menjadi prioritas di lokasi penelitian. Namun, Pemerintah Desa Bira menunjukkan keterbukaan dan kesediaan melakukan transformasi desa dari objek wisata menjadi desa wisata berbasis masyarakat yang berkelanjutan. Strategi transformasi yang dapat dilakukan adalah melakukan social mapping untuk mengungkapkan potensi sosial, termasuk nilai, norma, adat istiadat dan potensi sumber daya alam. Berdasarkan potensi tersebut, dilakukan desiminasi potensi kepada para pihak terkait. Selanjutnya, dihadirkan fasilitator desa wisata mandiri, yang bisa berasal dari luar desa jika belum ada fasilitator dari dalam desa. Berdasarkan data dapat disimpulan bahwa penelitian ini mengeritik model pemberdayaan yang selama ini berlangsung di Desa Bira dan menawarkan model keberdayaan masyarakat. Data menunjukkan bahwa model keberdayaan masyarakat dapat diimplementasikan di desa ini untuk mendukung terwujudkan Desa Bira sebagai Desa Wisata Berbasis Masyarakat Berkelanjutan (SRCBT). Konsep ini adalah integrasi konsep desa wisata, pariwisata berbasis masyarakat dan pariwisata berkelanjutan dalam satu batasan Desa Wisata Berbasis Masyarakat Berkelanjutan (Sustainable Rural Community Based Tourism). Penelitian ini juga melengkapi konsep elemen desa wisata, yaitu kesediaan masyarakat setempat untuk menjadikan daerah mereka sebagai desa wisata dimana hal ini tidak dibahas dalam konsep desa wisata.

 

Kata Kunci: Panrangluhung, Desa Bira, Pemberdayaan Masyarakat, Keberdayaan Masyarakat, Transformasi, Sumber Daya Sosial, Pemetaan Sosial, Fasilitator, Desa Wisata Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Akkus, Cetin and Akkus, Gulizar (ed.). 2018. Selected Studies on Rural Tourism and Development. Newcastle, UK: Cambridge Scholars Publishing.

Arifin, Ansar dan Arifin, Mimi. 2020. Strategi Perencanaan Pembangunan Pariwisata Kerakyatan: Refleksi terhadap Masterplan Perencanaan Pembangunan Pariwisata Sulawesi Barat dan Wakatobi Sulawesi Tenggara. Makassar: PT. Maupa Masagena Media Kreasindo.

The ASEAN Secretariat. 2016. ASEAN Community Based Tourism Standard. Jakarta: ASEAN.

Asker, Sally et.al. 2010. Effective Community Based Tourism: A Best Practice Manual APEC Tourism Working Group. Sydney, Australia. Sustainable Tourism Cooperative Research Centre.

BPS. 2021. Kabupaten Bulukumba dalam Angka. Bulukumba: BPS Bulukumba.

_____. 2020. Kecamatan Bonto Bahari Dalam Angka. Bulukumba: BPS Bulukumba.

Ife, Jim dan Tesoriero, Frank. 2008. Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi: Community Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musawantoro, Muhammad dan Ridwan, Masri. 2019. Potensi Pantai Panrangluhung di Bira Kabupaten Bulukumba sebagai Destinasi Wisata. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, Volume 3 Nomor 1, 2019. DOI: 10.34013/jk.v3i1.27.

Veeger, K.J. 1986. Realitas Sosial Refleksi Filsafat Sosial atas Hubungan Individu-Masyarakat dalam Cakrawala Sejarah Sosiologi. Jakarta: PT. Gramedia.

http://www.desabira.com/beranda/. Diakses pada 23 April 2021.

https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data/0000/data/1234/sdgs


Article Metrics

Abstract view : 315 times | PDF view : 416 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.