Desain Media Visual Pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)

Edy Sabara(1*), Sabran Sabran(2), Retyana Wahrini(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Proses belajar mengajar secara konvensional ternyata memiliki banyak kekurangan. Hal ini disebabkan tidak semua pembelajar memiliki kompetensi yang sama, perbedaan daya serap pembelajar dalam mendengarkan pelajaran, bahan ajar yang terbatas guru dan kegiatan belajar mahasiswa sebagai objek cenderung membosankan. Untuk itu pembelajar dituntut memiliki kreativitas dalam mengajar, pembelajar dituntut mampu merangsang pembelajar untuk proaktif dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi bagi pembelajar untuk belajar dan mampu dilakukan secara efektif dan efisien. Media sebagai alat pembelajaran yang dapat membantu guru untuk melalukan proses pembelajaran. Media yang memungkinkan guru untuk mengeksplorasi materi pelajaran dan menyampaikannya secara komunikatif. Ini akan membuat mahasiswa lebih banyak menyerap dan memahami subjek atau pesan dari guru. Media visual atau grafis merupakan media yang berhubungan dengan visualisasi. Media visual merupakan alat bantu mengajar yang dipakai guru dalam proses pembelajaran yang bisa dinikmati oleh mahasiswa melalui visi atau panca indera, mampu menampilkan hal-hal nyata dari fenomena yang dipelajari. Video rekam layar adalah suatu video yang berisi rekaman segala aktivitas di layar komputer yang dilengkapi dengan audio/suara dari guru melalui mikrofon. Pengajar bisa tampil di layar monitor melalui kamera dari layar laptop, sehingga dapat menghapus kerinduan mahasiswa untuk bertatap muka dengan gurunya

 

Kata Kunci: Media Visual, Pembelajaran, Daring

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran, ed. rev. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Cecep, K., & Bambang, S. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Dennis, A. R., George, J. F., Jessup, L. M., Nunamaker Jr, J. F., & Vogel, D. R. (1988). Information technology to support electronic meetings. MIS Quarterly, 591–624.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Kadir, A., & Triwahyuni, T. C. (2013). Pengantar Teknologi Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kristiawan, M., & Muhaimin, M. (2019). Teachers’ Obstacles In Utilizing Information and Communication Technology. International Journal of Educational Review, 1(2), 56–61.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Prasad, R., Misser, H. S., & Daryanto, A. (1993). Throughput and delay analysis of a slotted DS/SS CDMA system in a shadowed Rician channel. IEEE 43rd Vehicular Technology Conference, 456–459.

Raharjo, M. I., Mudjahidin, M., & Asnawir, A. (2020). RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PENERANGAN MOBIL. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 170–172.

Rosenberg, M. J., & Foshay, R. (2002). E‐learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. Wiley Online Library.

Ryan, K., & Bohlin, K. E. (1999). Building character in schools: Practical ways to bring moral instruction to life. ERIC.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Thorne, K. (2003). Blended learning: how to integrate online & traditional learning. Kogan Page Publishers.

Wahono, R. S. (2006). Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. Online)(Http://Romisatriawahono. Net/, Diakses Pada Tanggal 20 Mei 2016).

Widoyoko, S. E. P., & Rinawat, A. (2012). Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(2).

Yafie, E., Samah, N. A., Kustiawan, U., Tirtaningsih, M. T., Astuti, W., & Haqqi, Y. A. (2020). Design and Development Seamless Learning Model to Improve Student Performance in Higher Education. 2020 6th International Conference on Education and Technology (ICET), 84–89.


Article Metrics

Abstract view : 170 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.