Analisis Level Kognitif Taksonomi Bloom Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP

Ahmad Talib(1*), Ruslan Ruslan(2), Sahid Sahid(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis level kognitif siswa berdasarkan Taksonomi Bloom yang memiliki gaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik pada kelas VIII SMP Negeri 4 Pallangga Kabupaten Gowa, tahun 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 4 Pallangga Kabupaten Gowa dengan 3 orang subjek, yaitu 1 orang siswa dengan gaya belajar visual, 1 orang siswa dengan gaya belajar audiotori, dan 1 orang siswa dengan gaya belajar kinestetik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dibantu dengan angket/kuesioner gaya belajar, dan tes soal essay serta wawancara yang didesain berdasarkan level kognitif berdasarkan indikator Taksonomi Bloom. Tahapan analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data skala gaya belajar dan alalisis data level kognitif siswa materi ajar SPLDV dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan gaya belajar visual memenuhi indikator C1-C4 karena mampu mengingat, memahami, mengamplikasikan, dan menganalisis; (2) Siswa dengan gaya belajar audiotori memenuhi indikator C1-C4 karena mampu mengingat, memahami, dan mengamplikasikan, dan menganalisis; serta (3) Siswa dengan gaya belajar kinestetik memenuhi indikator C1-C4 karena mampu mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik High Order Thinking Skill pada level kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom.

 

Kata Kunci: Taksonomi Bloom, Visual, Audiotori, Kinestetik, SPLDV

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, L. W. dan D. R. Krathwohl. 2015. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan : Agung Prihantoro.Yogyakarta: Pustaka Belajar

De Porter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2015. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Ishartono, Naufal, et al. 2021. Visual, Auditory, and Kinesthetic Students: How They Solve PISA-Oriented Mathematics Problems?. Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1720. No. 1. IOP Publishing, 2021. Tersedia: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1720/1/012012/pdf

Karim, Abdul. 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Vol. 4, No. 3.https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/154/148. Diakses 04 Januari 2021

Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Nithiya, Devi R., et al. 2021. Use of Kinaesthetic Learning Skills among Slow Learners in Physiology to Improve Their Academic Performance. Journal of Pharmaceutical Research International. 8-17. Tersedia: https://www.journaljpri.com/index.php/JPRI/article/download/31842/59819

Nurul Vidayati, Titik Sugiarti, Dian Kurniati. 2017. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau Dari Gaya Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran Vol. 8, No. 1. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5274. Diakses 11 November 2020

Purbaningrum. Kus Andini. 2017. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan MasalahMatematika Ditinjau dari Gaya Belajar”. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika 10, no.2

S. Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Akasara.

Shadiq, Fadjar. 2014. Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukadi, 2008. Progressive Learning. Bandung: Niaga Qolbun Salim.

Surya, Mohamad. 2014. PSIKOLOGI GURU Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Wibowo, Teguh. Yudi Purwoko, Riawan. Hermansyah, Wiwit. 2018. Analisis Tingkat Kognitif Siswa Smp Dengan Kemampuan Rendah Berdasarkan Taksonomi Revisi Bloom Pada Pemecahan Masalah Matematika Vol. 4, No. 1. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/275. Diakses 04 Januari 2021.


Article Metrics

Abstract view : 864 times | PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.