Dampak Strategi Implementasi Kurikulum di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi: Suatu Kajian Evaluatif di Kabupaten Bone

Sudirman Sudirman(1*), Muliadi Muliadi(2), Achmad Shabir(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan paradigma fenomenologi, bertujuan untuk mengungkap dampak strategi implementasi kurikulum sekolah dasar di Kabupaten Bone pada masa pandemi covid-19. Data diperoleh melalui wawancara dan quesioner. Data dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase dan secara kualitatif dengan teknik reduksi, klasifikasi, dan interpretasi. Subjek penelitian sebanyak 86 orang guru SD yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan klaster wilayah geografis di Kabupaten Bone yaitu Kecamatan Tanete Riattang Barat, Palakka, dan Amali. Hasil penelitian  menunjukkan (1) kemandirian dan motivasi belajar siswa menurun, interaksi edukatif yang terhambat. Namun, pengetahuan siswa bertambah menggunakan IT dalam pembelajaran (2)  guru terbiasa bekerja seadanya dan semangat mengajarnya menurun. Namun, mereka terdorng untuk memahami IT dalam pembelajaran. Terdapat 32,56% responden menyatakan belum mahir menggunakan perangkat android dalam pembelajaran, (3) seringkali terkendala jaringan, interaktif, penanaman konsep sangat kurang, dan sulit mengontrol kegiatan belajar siswa. Terdapat 62,79% responden menyatakan siswa sulit memahami materi pelajaran, dan (4)  KKM   tercapai 66%-74%, hasil belajar rata-rata ranah kognitif,  secara kualitatif hasil belajar siswa menurun. Terdapat 81,39% responden menyatakan hasil belajar siswa menurun. Kesimpulannya adalah dampak positif strategi implementasi kurikulum yaitu dapat meningkatkan kemampuan guru dan siswa menggunakan IT dalam pembelajaran, sedangkan dampak negatifnya adalah menurunnya kualitas proses dan output siswa.

 

Kata Kunci: Dampak, Strategi Implementasi, Pembelajaran Daring, Perangkat IT.

Full Text:

PDF

References


Bjorklund, D. F., & Harnishfeger, K. K. (1990). The resources construct in cognitive development: Diverse sources of evidence and a theory of inefficient inhibition. Developmental Review, 10(1), 48–71. https://doi.org/10.1016/0273-2297(90)90004-N

Carter, R. A., Rice, M., Yang, S., & Jackson, H. A. (2020). Self-regulated learning in online learning environments: strategies for remote learning. Information and Learning Science, 121(5–6), 311–319. https://doi.org/10.1108/ILS-04-2020-0114

Chan, F., Kurniawan, A. R., Herawati, N., Efendi, R. N., & Mulyani, J. S. (2019). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439–446

Erlina, I. A. H. ., & Rafid, R. . (2021). Teacher Strategies in the Implementation of Distance Learning During the Covid-19 Pandemic. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 178–188. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.99

Guido, R. M. D. (2018). Attitude and Motivation towards Learning Physics. ArXiv Preprint

Hattie, J. A., & Donoghue, G. M. (2016). Learning Strategies: A synthesis and conceptual model. Npj Science of Learning, 1(1), 1–13

Johnson, K. & Manning, S. (2010). Online education for dummies. Canada: John Wiley & Sons Publishing ISBN 0470536209.

Lapitan, Lorico DS., Tiangco, C.E., Sumalinoga, D.AG., Sabarillo, N.S. & Diazc, J.M. (2021) An effective blended online teaching and learning strategy during the COVID-19 pandemic. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.01.012

Lile, Ramona & Kelemen, Gabriela. (2013) Results of Researches on Strategies of Teaching/Learning/Assessment Based on Interactive Learning Methods. Procedia - Social and Behavioral Sciences 163 ( 2014 ) 120 – 124.

Nasution, W. N. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Jslam (PAI). Repository.Uinsu.Ac.Id

Silova, I., Moyer, Amy, Webster, Colin, & McAllister, Suzanne (2010). Re‐conceptualizing professional development of teacher educators in post‐Soviet Latvia. https://doi.org/10.1080/19415250903457596

Solihatin, E., & Syahrial, Z. (2019). The Effects of Brain-Based Learning and Project-Based Learning Strategies on Student Group Mathematics Learning Outcomes Student Visual Learning Styles. Pedagogical Research, 4(4), em0047

Viner, R.M., Russell, S.J., Croker, H., Packer, J., Ward, J., Stansfield, C., Mytton, O., Bonell, C., Booy, R., 2020. School closure and management practices during coronavirus outbreaks including COVID-19: a rapid systematic review. Lancet Child Adolesc. Health 4, 397–404. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30095-X


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.