Penelusuran Profil Potensi Akademik Siswa SMAN Di Kabupaten Wajo

Syamsul Bachri Thalib(1*), Herlina Herlina(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Potensi verbal dan numerik adalah potensi dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Sejauh ini, belum ditemukan penelitian yang membahas tentang potensi verbal dan numerik secara spesifik di Kabupaten Wajo dengan menggunakan Psikotes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) profil potensi verbal dan numerik siswa baru SMAN di Kabupaten Wajo. (2) Perbedaan signifikan antara potensi verbal dan numerik. (3) Gambaran kemampuan potensi akademik siswa apabila dipetakan berdasarkan daerah zonasi. (4) Gambaran potensi akademik siswa laki-laki dan perempuan dilihat dari kemampuan numerik dan verbalnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa SMAN Kabupaten Wajo dengan karakteristik tertentu, yakni duduk di bangku kelas X, tidak mempunyai gangguan kognitif, mampu membaca dan mengoperasionalkan matematika dasar. Dalam penelitian ini, sampel yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti berjumlah 991 siswa yang berasal dari lima sekolah, yakni SMAN 2 Wajo, SMAN 6 Wajo, SMAN 7 Wajo, SMAN 11 Wajo, dan SMAN 13 Wajo. Pengumpulan data menggunakan psikotes dengan dua subtes, yakni tes potensi verbal dan potensi numerik. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan diolah menggunakan SPSS versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) potensi verbal siswa SMAN di Kabupaten Wajo tergolong baik yakni sekitar 77,4 %. Potensi numerik siswa SMAN di Kabupaten Wajo tergolong baik yakni berkisar 86,3 %. (2) Terdapat perbedaan signifikan antara potensi verbal dan numerik siswa SMAN di Kabupaten Wajo. (3) Potensi verbal dan numerik siswa SMAN di Kabupaten Wajo sudah baik ditinjau dari pemetaan zonasi tempat siswa bersekolah. (4) Tidak ada perbedaan signifikan potensi verbal dan numerik antara siswa SMAN laki-laki dan perempuan di Kabupaten Wajo.

 

Kata Kunci: Potensi Verbal, Potensi Numerik, Psikotes

Full Text:

PDF

References


Almeida, L. S., Prieto, M. D., Ferreira, A. I., Bermejo, M. R., Ferrando, M., & Ferrándiz, C. (2010). Intelligence assessment: Gardner multiple intelligence theory as an alternative. Learning and Individual Differences, 20(3), 225–230.

Darwis, M. (2020). Problematika sosial sistem zonasi. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan, 1(3): 294-299.

Irawan, A. (2016). Peranan Kemampuan Numerik dan Verbal dalam Berpikir Kritis Matematika pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 6(2): 121-131.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2016). Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Aksioma, 5(2): 110-119.

Kumara, A. (2001). Dampak Kemampuan Verbal terhadap Kualitas Ekspresi Tulis. Jurnal Psikologi, 1: 35-40.

Malenda, T. O., Kadir, K., & Suhar, S. (2019). Kemampuan Numerik Siswa SMP Pesisir Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 14 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(3), 71-85.

Mariyati, Y., Muhardini, S., & Fujiaturrahman, S. (2019). Identifikasi Kesulitan Siswa SD dalam Memahami Kemampuan Verbal dan Numerik Berbasis Masalah Matematika Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ulul Albab, 23(1): 8-15.

Masni, M. (2019). Pengaruh Bakat Numerik dan Kecerdasa Logis Matematis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Langsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2): 1-6.

Peng, P., & Fuchs, D. (2016). A Meta-Analysis of Working Memory Deficits in Children With Learning Difficulties: Is There a Difference Between Verbal Domain and Numerical Domain? Journal of Learning Disabilities, 49(1), 3–20.

Rubio-Valdehita, S., Díaz-Ramiro, E. M., López-Higes, R., & Martín-García, J. (2012). Efectos de la carga de tarea y las capacidades cognitivas sobre el rendimiento y la carga mental subjetiva de una tarea de seguimiento. Anales de Psicología, 28(3), 986–995.

Thalib, S. B. (2019). Sistem zonasi dalam penerimaamn siswa baru dan dampaknya terhadap stress gangguan psikologis siswa SMAN di Sulawesio Selatan. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.