Penerapan Media Pembelajaran Quizlet dalam Keterampilan Menulis Cerita Bergambar (Bild Schreiben) Bahasa Jerman pada Masa Pandemi Covid-19

Misnah Mannahali(1*), Laelah Azizah(2), Hasmawati Hasmawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Quizlet dalam keterampilan menulis cerita bergambar (bild erzählen) bahasa Jerman siswa SMA 14 Gowa. Quizlet adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Quizlet merupakan perangkat sederhana yang mudah digunakan dan dapat membantu siswa untuk belajar, khusunya dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Quizlet dapat diunduh melalui playstore atau appstore maupun diakses melalui https://quizlet.com/ secara gratis. Aplikasi Quizlet ini menjadi media yang interaktif dan inovatif bagi siswa, terasa menyenangkan karena siswa mudah menghafal materi dan mengetahui kesalahan ejaan yang umumnya terjadi dalam mempelajari bahasa asing. Selain itu, aplikasi ini memiliki banyak fitur-fitur yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Berkaitan dengan hal tersebut aplikasi ini selanjutnya diterapkan pada siswa SMA Negeri 14 Gowa dalam bentuk penelitian eksperimen dengan one group pre-test post-test group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 14 Gowa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis cerita bergambar bahasa Jerman yang dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita bergambar bahasa Jerman diperoleh nilai thitung 4,1 > ttabel 2,002 dan berdasarkan uji N-Gain diperoleh peningkatan sebesar 0,30 dan termasuk dalam kategori sedang. Dengan demikian terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah penggunaan media pembelajaran Quizlet dalam pembelajaran menulis cerita bergambar bahasa Jerman, sehingga media tersebut dinyatakan berhasil atau efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita bergambar bahasa Jerman kelas X SMA Negeri 14 Gowa.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Quizlet, Keterampilan Menulis, Cerita Bergambar, Bahasa Jerman


Full Text:

PDF

References


Agustianti, R., & Amelia, R. (2018). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting, extending). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1), 1-6.

Al-Emran, M., Elsherif, H. M., & Shaalan, K. (2016). Investigating attitudes towards the use of mobile learning in higher education. Computers in Human Behavior, 56, 93–102. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.033

Angreany, F., Saleh, N., & Mannahali, M. (2021, March). YouTube-Based Audio Visual Media in German Listening Learning. In International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT).

Aribowo, E. K. (2017). Quizlet: Penggunaan Aplikasi Smartphone untuk Siswa dalam Mendukung Mobile Learning [Preprint]. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/jkys5

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Mobile Learning sebagai Alternatif Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Profesional. https://doi.org/10.31227/osf.io/v83ef

Hernawan, H. (2017). Penggunaan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Html 5 Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Pada Mata Kuliah Mikrobiologi. Pedagogia, 15(2), 124–131. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i2.8090

Hikmah, D. (2017). Penggunaan Quizlet Sebagai Media Pengenalan Informatics Terms. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 1(1), B06-1-B06-6.

Latifa, A., & Rizal, A. (2020). ICARE Learning Model in Improving the Students Writing Ability. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 4(2), 258-269.

Listyorini, T. (2013). Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.24176/simet.v3i1.85

Mannahali, M. (2017, October). Implementasi Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Jerman. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 2, No. 1).

Nurrochmah, A. I., & Benardi, A. I. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Quizlet dengan Powerpoint Pada Materi Pokok Atmosfer Kelas X SMA N 16 Semarang. Edu Geography, 9(2), 105-111.

Pappas, I. O., Giannakos, M. N., & Sampson, D. G. (2019). Fuzzy set analysis as a means to understand users of 21st-century learning systems: The case of mobile learning and reflections on learning analytics research. Computers in Human Behavior, 92, 646–659. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.10.010

Prabowo, S. I. T., Hufad, A., Tarsidi, D., & Aprilia, I. D. (2019, July). Hybrid Learning for Education Inclusion. In 2nd International Conference on Educational Sciences (ICES 2018) (pp. 169-172). Atlantis Press.

Putra, R. S., & Ayuningsih, W. (2020). Pembelajaran Digital Menggunakan Quizlet. PROSIDING SAMASTA.

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(1).

Romdani, R., & Andriyani, L. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN KARTU GAMBAR BERSUARA BERBASIS E-FLASHCARD QUIZLET UNTUK PEMBELAJARAN AL-MUFRADAT. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, (7), 730-742.

Sari, D. E. (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 9-15–15. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8150

Senduk, E. P., Sinsuw, A., & Karouw, S. (2016). M-Learning Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini Berbasis Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 9(1). https://doi.org/10.35793/jti.9.1.2016.14929

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Styaningrum, F., Sulistyowati, N. W., Pramusti, W. C., & Munawaroh4, T. E. (2019). Media Quizlet Live Dalam Pembelajaran Ilmu Sosial Untuk Meningkatkan Kerjasama Mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019, 0(0), 256–262.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarti, S., & Widodo, P. (2020). Writing Errors in Students’ Foreign Language Acquisition. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 4(2), 215-223.

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syahputra, A. F., & Mantasiah, R. (2017). Keefektifan Teknik Brainstorming Dalam Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2).

Syarifudin, S. (2020). Survey on EFL students’ writing anxiety: level, types, and causes. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 4(2), 122-132.

Uther, M. (2019). Mobile learning—trends and practices.


Article Metrics

Abstract view : 581 times | PDF view : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.