Dimensi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Fasilitas dan Layanan Akademik Jurusan PKK FT UNM

St. Aisyah(1*), Kurniati Kurniati(2), Hamidah Suryani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Monitoring atau evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan pengelola serta kepuasan sarana dan prasaran yang mendukung roses pembelajaran bertujuan untuk menjaga keberlangsungan pelaksanaan sistem mutu pada tingkat Prodi dan Jurusan PKK FT UNM. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang akan memberikan gambaran tentang kepuasan mahasiswa terhadap layanan dan pelaksanaan proses pendidikan di jurusan PKK FT UNM. Jumlah mahasisswa yang menjadi popolasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PKK S1, D3 dan D4 tahun akademik 2020 yaitu sebesar 594 mahasiswa dengan sampel sebesar 20% yaitu 119 mahasiswa. Data yang diperoleh di analisis secara deskriptif persentase dan disajikan dalam bentuk diagram. Hasil penelitian menunjukkan dimensi tingkat kepuasan mahasiswa yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles yang digunakan untuk mengukur kualitas fasilitas dan layanan akademik berada dalam kategori baik artinya bahwa sebagian besar pengguna atau mahasiswa memberikan respon baik terhadap kualitas fasilitas dan layanan akademik pada Jurusan PKK FT UNM.

Kata Kunci: Dimensi Tingkat Kepuasan, Fasilitas, Layanan Akademik


Full Text:

PDF

References


Fadli, M. (2016). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Itqan, 103-113.

Hartanti, S. (2016, Februari 5). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Pelanggan Di Cv Tan’s. Retrieved from Universitas Muhammadiyah Surakarta: http:// eprints. ums.ac. id/40744/28/Naskah%20publikasi.pdf

Heriyanto. (2017). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangeran Banten. Jurnal Vijjacariya, 4(1), 1-14.

Ilyas. (2014). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dosen Pendidikan Agama Islam (Penelitian Pada Mahasiswa Semester II Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang). Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2), 155-159.

Kotler, P., & Kelle, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Pamela. (2021, April 19). Tangible Adalah Salah Satu Dimensi Kepuasan Pelanggan. Retrieved from Ajaib: https://ajaib.co.id/tangible-adalah-salah-satu-dimensi-kepuasan-pelanggan/

Rachmawati, I. K. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi.

Ristian, i. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Manajemen, 165-177.

Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Manajemen, 165-171.

Sodexo. (2019, November 9). 5 Dimensi Kepuasan Pelanggan yang Jarang Diketahui Pebisnis Pemula! Retrieved Februari 5, 2021, from

Sodexo: https://www.sodexo.co.id/dimensi-kepuasan-pelanggan-yang-jarang-diketahui-pebisnis-pemula/

Tabroni. (2015). Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6(Volume 6), 54-67.

Taniredja, T., & Mustafidah, H. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebauh Pengantar). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Andi.

Wahyujaya, Koesmaryono, Y., & Yulianda, F. (2015). Kajian Sistem Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Sistem Penjaminan Mutu. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 90-104.


Article Metrics

Abstract view : 633 times | PDF view : 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.