Pengaruh Pendapatan dan Produktivitas Terhadap Konsumsi Dosen Wanita di Kota Makassar

Sri Astuty(1*), Marhawati Marhawati(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Wanita bekerja dihadapkan pada peran ganda, yaitu sebagai wanita bekerja dan sebagai ibu rumah tangga. Proses pembagian peran wanita dapat menyebabkan ketidakseimbangan peran atau terjadi proses peran satu mencampuri peran yang lain, yang apabila terjadi secara terus-menerus dan dengan intensitas yang kuat dapat menyebabkan konflik pekerjaan keluarga. Bekerja sebagai seorang Dosen sangat berarti bagi wanita itu sendiri, hal itu dapat memberikan dampak yang positif seperti timbulnya harga diri, lebih mandiri dan dapat menunjang kehidupannya.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dampak produktivitas dan pendapatan yang mempengaruhi pola konsumsi dosen wanita UNM di Kota Makassar. Metode yang digunakan dalam pencapaian tujuan penelitian adalah lokasi penelitian ditentukan secara purpossive di Kampus UNM di kota Makassar. Sampel responden penelitian adalah dosen wanita diambil secara random. Selanjutnya teknik analisis data adalah menganalisis dampak produktivitas dan pendapatan yang mempengaruhi pola konsumsi dosen wanita UNM di Kota Makassar dengan multiple linear regression. Penelitian ini menemukan bahwa pendapatan berpangaruh positif dan significant sedangkan produktivitas berpengaruh negative dan significant.

Kata Kunci: Dosen, Konsumsi, Pendapatan, Produktivitas


Full Text:

PDF

References


Akmal. 2004. Analisis Pola Konsumsi Keluarga di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Hasanuddin. Makassar.

Astriana. 2008. Analisis Fungsi Konsumsi Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Skripsi Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Hasanuddin. Tidak Dipublikasikan. Makassar.

Baker, Michael, Dwayne Banjamin and Shuchita Stanger, 1999. The Hings and Lows of the Minimum Wage Effect: A Time Series Cross-Section Study of the Canadian Law; Journal Labor Economics, Vol. 17 (318-350), The University of Chicago Press, Chicago.

Becker, Gary S. 1971. Economic Theory, Manufactured in the United States of America, 1st Edition, Inc. New York.

-------,. 1976. The Allocation of Time and Goods Over Time, in The Economic Approach to Human Behavior, The University Chicago Press, Chicago.

Kusuma, Brilliant Vanda. 2008.Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi masyarakat di Indonesia (tahun 1988-2005). Skripsi fakultas ekonomi universitas islam indonesia. Yogyakarta

Rahmatia. (2010) Konsumsi Wanita Pekerja Perkotaan Sulawesi Selatan: Suatu Aplikasi Model Ekonomi Rumah tangga Untuk Efek Human Capital Dan Social Capital. Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.