Pengaruh Penggunaan Media Adobe Flash terhadap Hasil Belajar Siswa

Muhammad Asrul Sultan(1*), Muslimin Muslimin(2), Hj. Fajar Hj. Fajar(3), Sitti Fatimah(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain Pre-eksperimntal dalam bentuk One group pretest posttest design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media Adobe Flash terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V UPT SPF SDN 245 Batu Tompo Kab.Bulukumba. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Adobe Flash, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu t-test, sebelum menguji hipotesis dilakukan uji prasyarat berupa uji normaltas. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji Paired-Sample T-test yang menunjukkan Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa media Adobe Flash berpengaruh baik sebab meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V UPT SPF SDN 245 Batu Tompo Kab.Bulukumba.

Kata Kunci: Adobe Flash, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Astatin G.R dan Nurcahyo Heru. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pada Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol. 2 (2)

Dewi K.I dan Parma Ika, 2019. Penerapan Media Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal kapita Selekta Geografi. Vol.2 (12): 29-44

Farhan A.A, Kartini Titi, dan Kantun Sri. 2018, Penggunaan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 12 (2)

Fitriyati Ida, Hidayat Arif dan Munzil. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains. Vol.1 (1)

Rizal A.S, Munawar Rahmat, Ahmad Syamsu, 2016. Efektivitas Multimedia Interaktif Flash Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol.14 (2)

Supriadi, 2016. Adobe Flash Untuk Mendukung Pembelajaran. Jurnal Komunikasi. Vol.VII (2)

Suryani Nunuk, Setiawan Ahmad, dan Putria Aditin. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tafonao Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 349 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.