Pengembangan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di TK Riyanti Kabupaten Gowa

Muhammad Yusri Bachtiar(1*), Rusmayadi Rusmayadi(2), Herman Herman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pengembangan kemampuan sosial melalui Bermain Peran anak usia dini belum dilaksanakan dengan baik. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan Kemampuan sosial Anak melalui bermain peran di TK Riyanti Kabupaten Gowa, (2) Untuk mengetahui desain permainan peran dalam mengembangkan kemampuan sosial pada TK Kabupaten Gowa, (3) Untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan model permainan peran dalam mengembangkan kemampuan sosial pada anak usia dini di TK Riayanti Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan pendekatan model ADDIE. Subjek penelitian ini 15 orang dan satu guru. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa (1) Model permainan peran sangat dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan sosial anak, (2) Desain penelitian merancang model permainan peran, perangkat pembelajaran dan buku pedoman, (3) tingkat validitas dan kepraktisan menunjukkan menunjukkan presentase 80% anak yang mencapai tingkat perkembangan kemampuan sosial dengan kriteria berkembang sangat Baik (BSB).


Kata kunci : Kemampuan Sosial, bermain peran, media pembelajaran, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Bachtiar, M. Y. (2016). PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2275

Bachtiar, M. Y. (2017). PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL PADA ANAK KELAS A DI TAMAN KANAK-KANAK BUAH HATI KOTA MAKASSAR. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 139. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1618

Bachtiar, M. Y. (2020). PEMBELAJARAN BERBASIS RAMAH ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN BONTOTIRO KABUPATEN BULUKUMBA. Instruksional, 1(2), 131. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.131-142

Beregovaya, O. A., & Kudashov, V. I. (2019). The Problems of Linguistic and Academic Adaptation of International Students in Russia. Integration of Education, 23(4), 628–640. https://doi.org/10.15507/1991-9468.097.023.201904.628-640

Musi, M. A., Rusmayadi, & Bachtiar, Y. (2019). Development of creative game models through natural media. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(5), 297–310.

Popescu, L., Iancu, A., Avram, M., Avram, D., & Popescu, V. (2020). The Role of Managerial Skills in the Sustainable Development of SMEs in Mehedinti County, Romania. Sustainability, 12(3), 1119.https://doi.org/10.3390/su12031119

Vizcaya-Moreno, M. F., & Pérez-Cañaveras, R. M. (2020). Social Media Used and Teaching Methods Preferred by Generation Z Students in the Nursing Clinical Learning Environment: A Cross-Sectional Research Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(21), 8267. https://doi.org/10.3390/ijerph17218267


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.