Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Kabupaten Luwu Timur

Baso Intang Sappaile(1*), Triyanto Pristiwaluyo(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil pengembangan tes hasil belajar matematika kelas V SD ditinjau dari: 1) validitas isi, 2) validitas internal, 3) tingkat kesukaran, 4) daya beda butir, dan 6) reliabilitas tes. Langkah-langkah pengembangan instrumen, dimaulai dari: analisis kurikulum yang terkait dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Berdasarkan SK dan KD dibuat kisi-kisi tes dan penulisan butir soal matematika. Kisi-kisi dan butir-butir soal dianalisis secara kualitatif dan hasil analisis kualitatif dilakukan uji coba kepada siswa kelas V SD di Kabupaten Luwu Timur sebanyak 180 orang. Penentuan butir soal valid dalam hal ini validitas internal digunakan korelasi biserial, disamping itu penentuan tingkat kesukaran butir, daya beda butir dan reliabilitas tes. Reliabilitas tes digunakan KR-20. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) dari segi valiliditas internal, semua butir valid, 2) dari segi tingkat kesukaran, ada lima butir soal mudah dan lima belas butir soal sedang, 3) dari segi daya beda butir, ada tiga butir soal kurang baik, dan 4) dari segi reliabilitas dengan koefisien sebesar 0,84 dengan kata lain instrumen tes yang dikembangkan dinyatakan reliabel. Secara umum, tes hasil belajar matematika yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan matematika siswa kelas V Sekolah Dasar, khususnya pada ranah kognitif.

Kata Kunci: Validitas, Reliabilitas, Butir Soal, Matematika.


Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. (2014). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud.(2016).Standar Penilaian.https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2016/07/14/permendikbud-no-23-tahun-2016/#:~:text=Permendikbud%20No.%2023%20Tahun%202016%20tentang%20Standar%20Penilaian,peserta%20didik%20pada%20pendidikan%20dasar%20dan%20pendidikan%20menengah.

Mansyur., Rasyid, Harun., & Suratno. (2019). Asesmen Pembelajaran Di Sekolah. Makassar: Pustaka Pelajar.

Mardapi, Djemari. (2018). Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sappaile, Baso Intang. (2005). Validitas dan Reliabilitas Tes Yang Memuat Butir Dikotomi dan Politomi. Jurnal Ilmu Pendidikan (Parameter). Lembaga Penelitian UNJ, Nomor 24.

Shafizan. S. (2013). Item Analysis of Student Comprehensive Test For Research in Teaching Beginner String Ensemble Using Model Teaching Among Music Students In Public Universites. International Journal of education and Research. Vol.1 No.12 desember 2013.

Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: Rajagrafindo Persada.

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susetyo, Budi. (2015). Prosedur Penyususnan dan Analisis Tes. Bandung: Refika Aditama.

Yusuf, Muri. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Padang: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 205 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.