Kontribusi Mata Pelajaran Fisika Terhadap Pengetahuan Teknologi Dasar Sepeda Motor di Sekolah Menegah Kejuruan

Syafiuddin Parenrengi(1*), Yasdin Yasdin(2), Andi Zulfikar Yusuf(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pretasi mata pelajaran Fisika dengan tingkat pengetahuan siswa pada teknologi sepeda motor di SMK Negeri 7 Takalar, kontribusi pretasi mata pelajaran Fisika terhadap tingkat pengetahuan siswa pada teknologi sepeda motor di SMK Negeri 7 Takalar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini tergolong penelitian korelasi yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif diolah menggunakan aplikasi SPSS 24, yang mana mau melihat kekuatan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Selanjutnya dilihat besarnya kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, data dikumpulkan melalui instrumen dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis statistik inferensial parametrik yaitu Regresi Linier Sederhana. Regresi Linier Sederhana digunakan untuk menguji hipotesis. Pengujian hipotesis statistik menggunakan tingkat kesalahan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dengan kekuatan sedang antara mata pelajaran Fisika dengan pengetahuan TDSM pada jurusan Teknologi dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK Negeri 7 Takalar dengan Kontribusi mata pelajaran Fisika terhadap pengetahuan TDSM pada jurusan Teknologi dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK Negeri 7 Takalar sebesar 31,8 %. Hal ini dapat dilihat dari R square sebesar 0,318

Kata kunci: Fisika, Teknologi Dasar, Sepeda Motor


Full Text:

PDF

References


Bloom, B.S. 1979. Taxonomi of Education Objectives. Book 1,2. London: Group. Ltd. Fernandes, H.J.X. 1984. Testing and Measurement. Jakarta: National Education Planning, Evaluation & Curriculum Development.

Direktur Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor:

251/C/KEP/MN/2008. (2008). Spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan.

Gagne, Robert M and Briggs, Leslie J. 1992. Principles of Instructional Design, Fourth Edition. San Diego: Harcourt Brace Jovanovich College Publisher.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1990 Tentang pendidikan menengah.


Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.