Perbandingan Pengaruh Metode Latihan Bermain dan Metode Latihan Drill Terhadap Kemampuan Passing Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri 11 Makassar

M. Rachmat Kasmad(1*), Muh. Ali Akbar(2), Mutmainnah Mutmainnah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh langsung metode latihan bermain dan metode latihan drill terhadap kemampuan passing pada peserta ekstrakulikuler futsal SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak pada 12 orang peserta ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 11 Makassar, yang dibagi ke dalam 2 kelompok, yaitu (1) kelompok yang dberi latihan bermain, (2) kelompok yang diberi latihan drill. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes passing yaitu dengan pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji T. Metode latihan bentuk bermain adalah kegiatan yang diambil dari bagian-bagian kecil dalam situasi permainan atau pertandingan, situasi-situasi yang merupakan gambaran sesungguhnya yang terjadi pada suasana permainan atau pertandingan itu diangkat dan dijadikan pola untuk latihan bermain. latihan drill passing adalah latihan teknik passing dengan praktek yang menggunakan gerakan yang diulang-ulang atau kontinyu untuk mendapatkan keterampilan dan ketangkasan praktis. Metode latihan bermain memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan passing futsal begitupun dengan metode latihan drill. Namun metode latihan bermain terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan passing. Dilihat dari perbedaan rata-rata dari kedua metode ini untuk latihan bermain 31.83 lebih besar dari nilai rata-rata tes akhir kelompok latihan drill 26.83.


Kata kunci : Metode Latihan Bermain, Metode Latihan Drill, Kemampuan Passing Futsal


Full Text:

PDF

References


Ardana, B. (2020). Latihan Small Sided Games Dalam Ketepatan Passing Pada Ekstrakurikuler Sepak Bola. STKIP Banten.

Ardhirianto, W. (2020). Pengaruh Latihan Kordinasi Drill Passing Dan Small Sided Game Terhadap Peningkatan Passing Bawah Pemain Sepakbola Ssb Gelora Muda Sleman. universitas negeri yogyakarta.

Arsyad, I. (2019). Pengaruh Kelincahan, Keseimbangan Dan Percaya Diri Dengan Kemampuan Dribbling Dalam Permainan Futsal Smkn 3 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Badaru, B. (2017). Latihan Teknik BYEB bermain futsal modern. Cakrawala Cendikia.

Febri, D. (2015). Pengaruh Latihan Pendekatan Taktik Terhadap Kemampuan Passing Dan Dribbling Pada Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di Sman 1 Maospati. Universitas Negeri Yogyakarta.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Hidayat, A. (2016). Pengaruh Metode Latihan Bentuk Bermain Dan Bentuk Latihan Terhadap Passing Bawah Dan Kontrol Sepakbola (Studi Eksperimen Pada Pemain Puslat Garuda Kota Semarang Tahun 2015). Universitas Negeri Semarang.

Irfan, I. (2019). Pengaruh Motivasi Disiplin Dan Partisipasi Terhadap Prestasi Peserta eskul Pada Futsal Smp Hang Tuah Makassar. Universitas Negeri Makassar, ISSN 2685-7480.

Kasmad, R. (2018). The Application of Creative Play Approach Model on Improving Passing and Dribble Learning Outcomes in Football Game. Atlantis Press.

Kuncoro, R. A. C. (2016). Tingkat Keterampilan Dasar Bermain Futsal Peserta Ekstrakurikuler Futsal Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sragen. Journal UNY.

Lhaksana, J. (2011). Taktik dan Strategi Futsal Modern. Be Champion (Penebar Swadaya Grup).

Mardiana, F. (2019). Pengaruh Metode Latihan Sasaran Tetap, Sasaran Berubah, Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Servis Float Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli. 160.

Rizal, M. S. (2013). Pengaruh Metode Latihan (Drill) Dan Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Cabor Futsal Di Sdn Bojong Indah Bandung [PhD Thesis]. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Septiadi, G. (2015). Pengaruh Metode Latihan Small Sided Game Dan Metode Latihan Passing Drill Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Passing Peserta eskul Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Smp Negeri 3 Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta [universitas negeri yogyakarta].

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (mixed methoeds). Alfabeta.

Suyito, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Vol. 1). Literasi Media Publishing.

Syahruddin. (2017). Peningkatan Koordinasi Mata Tangan Melalui Model Pembelajaran Berbasis Bermain Bagi Anak Tuna Grahita.

Universitas Negeri Makassar.

Wahyudi, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Futsal Menggunakan Metode Drill dan Metode Bermain pada Ekstrakurikuler Futsal Madrasah Aliyah. Universitas Negeri Malang.

wiarto, G. (2013). Fisiologi dan Olahraga (Pertama). Graha Ilmu.

Zafar, S. (2019). Pelatihan Kondisi Fisik. PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 426 times | PDF view : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.