Kepuasan Kerja Operator Sekolah Dasar di Kabupaten Bone
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan kepuasan kerja operator sekolah dasar di kabupaten Bone provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analisis faktor. Populasi dalam penelitian ini adalah 672 orang Operator sekolah dengan sampel sebanyak 87 operator yang ditentukan dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilalukan dengan menggunakan angket yang disusun berdasarkan beberapa faktor kepuasan kerja yaitu, pekerjaan itu sendiri, gaji, promosi, pimpinan, dan rekan kjerja. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis faktor dengan jenis analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuk dua faktor yaitu faktor lingkungan kerja dengan indikator, pekerjaan itu sendiri, pimpinan, dan rekan kerja dan faktor kesejahteraan dengan indikator gaji dan promosi. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan kerja operator sekolah tidak selamanya dinilai dari hasil pekerjaan dan lingkungan kerjanya, tetapi tuga dipengaruhi oleh faktor kesejahteraan yaitu gaji dan promosi yang dilakukan oleh sekolah.
Kata kunci: Kepuasan Kerja, Operator Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap
Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada
Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumant, 11(1), 189–206.
Arifin, M. B. U. B. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press,
–143.
Gunawan, A., & Kusniawati, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan
Kepuasan Kerja Pegawai Puskesmas. Journal of Management Review, 3(2), 307–
Hariandja, M. T. E., & Sembiring, S. (2014). Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja
Studi Kasus FISIP UNPAR. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).
Hendrayanti, E. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja
pada tenaga kependidikan UNISMA Bekasi. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan
Kewirausahaan, 11(1), 1–15.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan
Mixed Method). Hidayatul Quran.
Lesmana, C., Arifin, A., & Santoso, D. (2017). Tingkat Pemahaman Operator Sekolah
Pada Aplikasi Dapodik Di Kecamatan Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan
Informatika Dan Sains, 5(2), 184–194.
Muliyani, S. E., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Operator Madrasah
Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Aliyah Plus Nurul Islam Sekarbela
Kota Mataram. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan
(LPP) Mandala, 393–404.
Nabawi, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja
Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2),
–183.
Nugroho, B., Murtiyasa, B., & Kom, M. (2016). Kontribusi Motivasi Kerja Operator
Sekolah, Kompetensi Operator Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah
terhadap Kinerja Operator Sekolah Dasar di Eks Kawedanan Delanggu
Kabupaten Klaten [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurmala, N. (2019). Peran Teknologi Komunikasi Terhadap Operator Sekolah Dalam
Pengololaan Dapodik. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat
Islam, 9(2).
Pranata, S., & Paramita, A. (2013). Analisis Faktor Pemanfaatan Polindes Menurut
Konsep Model Perilaku Kesehatan” Anderson”(Analisis Lanjut Data Riskesdas
. National Institute of Health Research and Development, Indonesian
Ministry ….
Prihatini, D., Emilia, E., & Yuhanis, Y. (2019). Tingkat Pemahaman Operator Sekolah
Dasar Negeri pada Aplikasi Dapodik di Kecamatan Gelumbang. Prosiding
Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Setiawan, W. A. (2019). Hubungan iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan kinerja
Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se-tulungagung / Wahyu Adi
Setiawan (Open access content. Open access content). http://eresources.
perpusnas.go.id:2048/login?url=https://search.ebscohost.com/login.a
spx?direct=true&db=edsoai&AN=edsoai.on1105387491&site=eds-live
Susanto, N. H., & Lestari, C. (2018). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia:
Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. Edukasia
Islamika, 184–202.
Article Metrics
Abstract view : 14753 times | PDF view : 317 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.