Kepuasan Kerja Operator Sekolah Dasar di Kabupaten Bone

Sumarlin Mus(1*), Andi Mappincara(2), St. Habibah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan kepuasan kerja operator sekolah dasar di kabupaten Bone provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian analisis faktor. Populasi dalam penelitian ini adalah 672 orang Operator sekolah dengan sampel sebanyak 87 operator yang ditentukan dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilalukan dengan menggunakan angket yang disusun berdasarkan beberapa faktor kepuasan kerja yaitu, pekerjaan itu sendiri, gaji, promosi, pimpinan, dan rekan kjerja. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis faktor dengan jenis analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuk dua faktor yaitu faktor lingkungan kerja dengan indikator, pekerjaan itu sendiri, pimpinan, dan rekan kerja dan faktor kesejahteraan dengan indikator gaji dan promosi. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan kerja operator sekolah tidak selamanya dinilai dari hasil pekerjaan dan lingkungan kerjanya, tetapi tuga dipengaruhi oleh faktor kesejahteraan yaitu gaji dan promosi yang dilakukan oleh sekolah.

Kata kunci: Kepuasan Kerja, Operator Sekolah


Full Text:

PDF

References


Andika, R. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja dan Persaingan Kerja Terhadap

Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening Pada

Pegawai Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Jumant, 11(1), 189–206.

Arifin, M. B. U. B. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Umsida Press,

–143.

Gunawan, A., & Kusniawati, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan

Kepuasan Kerja Pegawai Puskesmas. Journal of Management Review, 3(2), 307–

Hariandja, M. T. E., & Sembiring, S. (2014). Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja

Studi Kasus FISIP UNPAR. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1).

Hendrayanti, E. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja

pada tenaga kependidikan UNISMA Bekasi. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan

Kewirausahaan, 11(1), 1–15.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan

Mixed Method). Hidayatul Quran.

Lesmana, C., Arifin, A., & Santoso, D. (2017). Tingkat Pemahaman Operator Sekolah

Pada Aplikasi Dapodik Di Kecamatan Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan

Informatika Dan Sains, 5(2), 184–194.

Muliyani, S. E., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Operator Madrasah

Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Aliyah Plus Nurul Islam Sekarbela

Kota Mataram. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan

(LPP) Mandala, 393–404.

Nabawi, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja

Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2),

–183.

Nugroho, B., Murtiyasa, B., & Kom, M. (2016). Kontribusi Motivasi Kerja Operator

Sekolah, Kompetensi Operator Sekolah, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah

terhadap Kinerja Operator Sekolah Dasar di Eks Kawedanan Delanggu

Kabupaten Klaten [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurmala, N. (2019). Peran Teknologi Komunikasi Terhadap Operator Sekolah Dalam

Pengololaan Dapodik. Liwaul Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Masyarakat

Islam, 9(2).

Pranata, S., & Paramita, A. (2013). Analisis Faktor Pemanfaatan Polindes Menurut

Konsep Model Perilaku Kesehatan” Anderson”(Analisis Lanjut Data Riskesdas

. National Institute of Health Research and Development, Indonesian

Ministry ….

Prihatini, D., Emilia, E., & Yuhanis, Y. (2019). Tingkat Pemahaman Operator Sekolah

Dasar Negeri pada Aplikasi Dapodik di Kecamatan Gelumbang. Prosiding

Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Setiawan, W. A. (2019). Hubungan iklim sekolah dan kepuasan kerja dengan kinerja

Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) di SMA Negeri se-tulungagung / Wahyu Adi

Setiawan (Open access content. Open access content). http://eresources.

perpusnas.go.id:2048/login?url=https://search.ebscohost.com/login.a

spx?direct=true&db=edsoai&AN=edsoai.on1105387491&site=eds-live

Susanto, N. H., & Lestari, C. (2018). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia:

Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. Edukasia

Islamika, 184–202.


Article Metrics

Abstract view : 14753 times | PDF view : 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.