Alat Monitor Dan Cuci Tangan Otomatis Berbasis Raspberry

Yunus Tjandi(1*), Zulhajji Zulhajji(2), Syarifuddin Kasim(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Setiap Orang pada Era Digital New Normal ini selalu ingin mencuci tangan dengan cara praktis, mudah, aman dan nyaman sehingga terbebas dari hal-hal yang rumit. Kenyataan menggambarkan bahwa pembuatan Alat Monitor dan Cuci tangan Otomatis Berbasis Raspberry pada Gedung/kantor belum ada yang membuatnya, kebanyakan yang dibuat adalah yang biasa-biasa saja yaitu alat cuci tangan yang menggunakan kran air biasa. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk membuat perangkat lunak Alat monitor dan Cuci Tangan Otomatis Berbasis Raspberry yang berfungsi untuk memonitor dan mengendalikan penggunaan alat cuci tangan otomatis yang terpasang di depan Gedung/kantor yang dapat dikendalikan dengan menggunakan  Smartphone,  (2) Untuk menghasilkan Alat monitor dan Cuci Tangan Otomatis Berbasis Raspberry   dengan menggunakan perangkat lunak  yang telah dibuat, (3) Untuk membuat Interface dan Aplikasi Monitor dan kendali Alat Cuci Tangan Otomatis yang berbasis Raspberry dengan bantuan smartphone yang berfungsi untuk memonitoring  dan mengendalikan perangkat listrik pada alat cuci tangan otomatis, baik dari jarak dekat, maupun dari jarak jauh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dengan pakar kendali, teknik literatur, dan teknik pengukuran langsung terhadap perangkat kendali yang digunakan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode logic, berdasarkan sistem kendali berbasis Raspberry menggunakan  Smartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Software Alat Cuci Tangan Otomatis yang berbasis Raspberry telah berfungsi dengan baik, hal ini dibuktikan dengan berfungsinya semua sistem monitor dan kendali , baik pada sistem pengaman(MCB), maupun yang berkaitan dengan berbagai beban alat cuci tangan yang dikendalikan,  2) Alat Cuci Tangan Otomatis yang menggunakan Monitor dan Perangkat Kendali Sistem kelistrikan  yang berbasis Rasberry yang dibuat, telah berfungsi dengan baik, 3) Aplikasi dan Interface Sistem Kendali Alat Cuci Tangan Otomatis berbasis  Raspberry yang dibuat telah berfungsi dengan baik, hal ini dibuktikan dari hasil uji coba Sistem Kendali, dengan menggunakan perangkat Smartphone.

 

Kata Kunci: Alat Monitor Dan Cuci Tangan Otomatis, Perangkat Listrik, Raspberry, Interface, Smartphone

Full Text:

PDF

References


Amalia Hanifah, Iwan Setiawan, Darjat. 2011. Aplikasi Smart Card sebagai Pengunci Elektronis pada Smart Home. Universitas Diponegoro. Semarang.

Brusco, J.M (2010). Using Smartphone Application in Perioperative Practice. AORN Journal Vol.92/5, 503-508

C. Chantrapornchai, dkk. 2013. Development of Energy Saving Smart Home Prototype. Department of Computing, Faculty of Science, Silpakorn University, Thailand. International Journal of Smart Home Vol. 7, No. 1, January, 2013.

Grant B. Cornell, Christopher D. Celestial, and Arc E. P. Mercolesia. 2013. Smart Home Electricity Management System Using Cloud Computing (SHEMS). Journal of Advances in Computer Networks, Vol. 1, No. 1, March 2013.

Hanafi Al Fatta .2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.

Imam Bakhsh, dkk. 2012. Intelligent Home Monitoring Using RSSI in Wireless Sensor Networks. International Journal of Computer Networks & Communications (IJCNC) Vol.4, No.6, November 2012.

Lingga Wardhana. 2008. Mikrokontroler AVR Seri AT Mega 8535. Yogyakarta : Andi.

Moh. Sjukani, 2009, Teknik-teknik Dasar Pemrograman Komputer, Mitra Wacana Media.

Nazruddin Safaat H, 2011, Pemrograman Aplikasi Mobile Smart Phone dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika.

Putra, E.A., 2002, Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/56 Teori dan Aplikasi, Gava Media, Jogjakarta.

PUIL’ 2011. Peraturan Umum Instalasi Listrik. 2000. Jakarta.

Phillippi, J.C and Wyatt, T.H (2011). Smartphone in Nursing Education. CIN: Computers, Informatics, Nursing Vol.29/8, 449-454

Rajeev Piyare, Seong Ro Lee. 2013. Smart Home-Control and Monitoring System Using Smart Phone. Proceedings, The 1st International Conference on Convergence and it's Application. ICCA 2013, ASTL Vol. 24, pp. 83 - 86, 2013.

Sean Young Tjahyadi, Parlinggoman R. H., 2012. Intelligent Building Management System Pada Ac Dan kWh Meter Berbasis Web dan Mobile Android Pada Gedung The Energy. Bina Nusantara University. Jakarta.

Tjandi Yunus, Muddassir. 2016 Monitoring And Device Electrical Control Equipment Based on Arduino Mega. IOSR Journal of Electrical and Electronics Engineering (IOSR-JEEE) e-ISSN: 2278-1676,p-ISSN: 2320-3331, Volume 11, Issue 5 Ver. II (Sep - Oct 2016), PP 101-108 www.iosrjournals.org

Widodo Budiharto,S.Si., M.Kom, 2008, Elektronika digital and Mikroprosessor, Andi


Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.