Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Program Alokasi Dana Desa di Kecamatan Mattiro Bulu

Herman H(1*), Didin Halim(2), Reza Mahyuddin(3), Muh. Arifai(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) STIE Wirabhakti Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Partisipasi masyarakat dalam program alokasi dana desa di kecamatan mattiro bulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau penjelasan tentang partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program Alokasi Dana Desa. Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang, dengan analisisnya tahapan partisipasi masyarakat terhadap kebijakan alokasi dana desa. Penentuan lokasi penelitian memfokuskan ruang lingkup pembahasan dan sekaligus mempertajam fenomena sosial yang ingin dikaji sesuai dengan substansi kebijakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan hasil pembangunan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling yaitu memilih informan yang dianggap mengetahui permasalahan dan dapat dipercaya untuk dijadikan sumber data yang falid, Informan tersebut dipilih secara sengaja. Jumlah sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 42 orang dari perwakilan masing-masing Desa yang terdiri dari Masyarakat, tokoh masyarakat setempat yang dianggap penting dalam memberikan keterangan. Hasil penelitian partisipasi masyarakat yaitu 1. Tahap perencanaan meliputi gagasan awal melibatkan masyarakat (61.9%), usulan peserta musrembang diterima (85.7%),masyarakat menanggapi setiap program (78.6%), program melakukan kritik terhadap program (42.9%), masyarakat mendengarkan usulan pemerintah (81%) 2. Tahap pelaksanaan meliputi pembangunan sarana dan prasarana melibatkan masyarakat (73.8%), pemerintah melibatkan masyarakat (61.9%), pemerintah desa melibatkan masyarakat dalam pembinaan dan pemberdayaan (52.4%), pemerintah desa melaksanakan program pembangunan dengan efektif (52.4%), masyarakat bersemangat memberikan usulan tenaga atau materi dalam pelaksanaan program (45.2%) 3. Tahap pemanfaatan meliputi program pemberdayaan bermanfaat (50%), pemerintah memberikan pelayanan prima (45%), program alokasi dana desa meningkatkan perekonomian (50%), program pembangunan sarana dan prasarana bermanfaat (50%), program pembangunan Desa efisien (66.7%) 4. Tahap hasil pembangunan meliputi pembangunan desa memberikan hasil yang memuaskan (64.3%), Program pembangunan desa memberikan hasil yang bermanfaat (52.4%), program pembangunan Desa berhasil meningkatkan kreativitas atau inovasi masyarakat (70%), program pembangunan desa sesuai harapan masyarakat (61.9%), program pembangunan Desa melalui program alokasi dana desa memuaskan masyarakat (83.3%). Dengan demikian partisipasi masyarakat dalam program alokasi dana desa meliputi perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan hasil pembangunan memperoleh hasil yang baik.

 

Kata Kunci: Partisipasi, Alokasi Dana Desa

Full Text:

PDF

References


Anderson, James. E. Public Policy Making (Third Edition). Madison, Avenue. New York.

Chandler, Ralph C, and Plano, Jack C. 1988. The Public Administration Dictionary, California: ABC- Clio inc.

Dye Thomas R, 1981. Understanding Public Policy Marking, New York- Holt, Renehart & Winston.

Dunn, William N, 2000. Pengantar Analisis Kebijakan Publik (Terjemahan),Edisi Kedua, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Googing, Malcom L, dkk. 1980. Implementation Theory and Practice: Toward a Third Generation. Scoot, Foresman and Company, Illionis.

Grindle, Merilee S. 1980. Politics and Policy Implementation in The Third World. University Press Princeton New Jersey.

Hill, Michael and Peter Hupe. 2002. Implementing Public Policy. SAGE Publication Ltd. London

Pressman, J. L., & Wildavsky, A. (1984). Implementation (3rd ed.). Berkeley:University of California Press.

Perry, James L. Dan Buckwater, Neal D (2010). Public service of the future. Journal Public Administration Review, Vol. 70, Supplement to Volume 70 (December 2010), pp. 238- 245.

Patterson, J.A dan K.M. Burkholder. 2003. Application of prebiotics and probiotics in poultry production. Journal of Poultry Science 82 (2) : 627—631

Patterson, J.A dan K.M. Burkholder. 2003. Application of prebiotics and probiotics in poultry production. Journal of Poultry Science 82 (2) : 627-- 631

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 tahun 2005 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2014 Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2014 Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.

Robert B. Denhardt. 1984. Theories Of Public Organization. Wadsworth Inc, Belmont, California

Undang-Undang No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang No.6 tahun 2014 tentang Desa.


Article Metrics

Abstract view : 266 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.