Pengembangan Petunjuk Teknis BKP MBKM Studi/ Proyek Independen

Khaeruddin Khaeruddin(1*), Hasnawi Haris(2), Fajar Arwadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku petunjuk teknis dengan mengkaji berbagai bentuk peraturan, kebijakan, dan system yang berlaku di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta di Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam hal program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM), peraturan akademik UNM, dan sebagainya. Selanjutnya dirumuskan petunjuk teknis khusus pada kegiatan Studi/Proyek Independen untuk memudahkan persepsi civitas akademika terkait deskripsi, syarat dan ketentuan, bentuk penghargaan kegiatan, serta aspek-aspek terkait proyek/studi independen dan dituangkan ke dalam bentuk buku. Adapun prosedur penelitian yang ditempuh adalah Analisis Kebutuhan, Desain, Pengembangan, Uji Internal, Implementasi, Uji Eksternal, dan Hasil Akhir.

 

Kata Kunci: Studi/Proyek Independen, Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, ADDIE Model

Full Text:

PDF

References


Jones, B. A. (2014). ADDIE model (Instructional design).

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34–37.

Muruganantham, G. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1(3), 52–54.

Wang, S.-K., & Hsu, H.-Y. (2008). Using ADDIE model to design Second Life activities for online learners. 2045–2050.

Welty, G. (2007). The ‘design’phase of the ADDIE model. Journal of GXP Compliance, 11(4), 40–48.


Article Metrics

Abstract view : 211 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.