Pemberdayaan Perempuan Pesisir Melalaui Pengolahan Ikan Laut di Dusun Ulo-Ulo Desa Belopa Kecamatan Belopa Kabupaten Luwu

Syamsul Bakhri Gaffar(1*), Latang Latang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemberdayaan perempuan pesisir melalui pelatihan pengolahan ikan laut yang efektif dan efisien; (2) faktor pendukung pelatihan pengolahan ikan laut; (3) faktor penghambat pelatihan pengolahan ikan laut. Subyek penelitian ialah perempuan pesisir baik yang berstatus sebagai istri maupun yang bukan istiri nelayan yang berjumlah sebanyak 20 orang. Sumber Data: (1) Data primer dikumpulkan melalui informan yang terdiri dari kepala dusun, dan tokoh masyarakat setempat. (2) Data sekunder dikumpulkan melalui dokumen, literatur dan  jurnal. Teknik pengumpulan data  digunakan: observasi, wawancara, tes dan  dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  pemberdayaan perempuan pesisir melalui pelatihan pengolahan ikan laut menjadi Abon dan Kripik dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien karena sebelum pelaksanaan pelatihan dilakukan identifikasi kebutuhan belajar sehingga materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan belajar peserta. (2) faktor pendukungnya adalah adanya keterbukaan pemerintah dan masyarakat setempat, tersedianya bahan baku berupa ikan segar, dan peralatan pelatihan yang mudah didapat di lokasi pelatihan; (3) Faktor penghambatnya adalah kurang disiplinnya peserta terhadap jadwal waktu pelatihan.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan, Perempuam Pesisir, Pengolahan Ikan Laut

Full Text:

PDF

References


Adisasmita, Raharjo. 2006. Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arikunto, S. 2002. Metedologi Penelitian Suatu Pendekatan.. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kartasasmita, G 1997 . Kemiskinan. Jakarta: Balai Pustaka.

Korten. David C. 1987.Third Generation NGO Strategis: A Key to People-centered Development.

Kusnadi. 2006.Perempuan Pesisir.Yogyakarta: Pelangi Aksara.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prastowo Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Soetrisno, Loekman. 1997.Kemiskinan, perempuan, dan Pemberdayaan.Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategi Pembangunan Kesejahtraan Sosial dan Pekerjaan Sosial.

Suparjan & Hempri Suyatno. 2003. Pembangunan Masayarakat dari Pembangunan Sampai Pemberdayaan. Yogyakarta: Aditya Media.

Suryana, A. dan J. Budianto. 1998. Penawaran, permintaan pangan dan perilaku kebiasaan pangan. Prosiding Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta. hlm. 147 187.

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Undang-Undang No. 2 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah.


Article Metrics

Abstract view : 101 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.