Pengukuran Keterampilan Profesional Mahasiswa Calon Guru Jurusan Matematika FMIPA UNM

Ruslan Ruslan(1*), Sahid Sahid(2), Iwan Setiawan HR(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) STKIP Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model plomp untuk mengembangkan suatu instrument pengukuran keteraampilan professional calon guru matematika dan keseluruhan bentuk instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria kualitas yaitu valid, reliabel, dan obyektif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan gambaran hasil pengukuran keterampilan profesional mahasiswa calon guru Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar. Adapun hasil validasi instrumen didapatkan koefisien validitas isi untuk soal pilihan ganda yang awalnya didapatkan 0,41 menjadi 0,98 dengan memperbaiki butir-butir yang dinilai lemah berdasarkan saran dari validator, dan untuk soal essay koefisien validitas isinya 0,917. Untuk validitas konstruknya soal di bagi menjadi dua paket. dari ke-31 butir pada paket 1 ditinjau dari validitas konstruk menunjukkan bahwa terdapat 5 butir yang digugurkan (butir 3, 4, 5, 27, dan 29) dan 26 butir yang tidak digugurkan dan valid karena butir-butir dapat menggambarkan indikator dari variabel yang dimaksudkan. Sedangkan hasil penelitian dari ke-30 butir pada paket 2 ditinjau dari validitas konstruk menunjukkan bahwa terdapat 4 butir yang digugurkan (butir 6, 14, 29, dan 30) dan 26 butir yang tidak digugurkan dan valid karena butir-butir dapat menggambarkan indikator dari variabel yang dimaksudkan.

 

Kata Kunci: Keterampilan Profesional; Validitas isi; Validitas Konstruk.

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G. N. (1998). Metode penelitian sosial, Bagian 2: Pengertian dan pemakaian praktis. P.T Gramedia Pustaka utama. Jakarta

Alfiah N, A. M., & Iwan S, H. R. (2020). Analysis of Understanding Concept in Solving Mathematics Story problems Using CRI in Terms of Personality Types. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(3), 229-236.

Aris Junaidi, (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Call, K. (2018). Professional teaching standards: A comparative analysis of their history, implementation and efficacy. Australian Journal of Teacher Education, 43(3), 6.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Draf Naskah Akademik Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Jakarta: Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Eliterius Sennen, 2017, Problematika Kompetensi Dan Profesionalisme Guru, Prosiding Seminar Nasional, HDPGSDI Wilayah IV Tahun 2017, ISBN : 978-602-51434-0-3.

HR, I. S., & Hindi, A. N. A. (2020). Analysis of Cognitive Conflict with Intervention on the Understanding of Geometry Concepts in SMA. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(3), 193-199.

Isriyati, I. (2020). Pernanan Kepemimpinan Kepala PAUD Formal Terhadap Profesionalitas Guru. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 964-972).

Nidawati, N. (2020). Penerapan Peran Dan Fungsi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(2).

Rezan Yilmar, (2020). Prospective Mathematics Teachers’ Cognitive Competencies On Realistic Mathematics Education, Journal on Mathematics Education, Ondokuz Mayis University, Faculty of Education, Samsun, Turkey, ISSN 2087-8885 E-ISSN 2407-0610, Volume 11, No. 1, January 2020, pp. 17-44.

Ruslan (2006). Aplikasi Analisis Faktor dalam Uji Validitas Instrumen Penelitian. Seminar Nasional Statistika : Institut Teknologi Surabaya dan Jurusan Matematika FMIPA UNM. 4 Februari 2006

Ruslan (2009). Validitas Isi. Pa’biritta: Media Informasi & Komunikasi Pendidikan. Makassar: LPMP Sulawesi Selatan.

Santosa, M. G. W., Kusumaningsih, W., & Endahwuri, D. (2019). Profil Pedagogical Content Knowledge(PCK) Calon Guru Matematika dalam Kesiapan Mengajar (Jurnal Matematika dan Matematika) Vol. 1 No. 5 Hal. 186.

Shaukat, S., & Chowdhury, R. (2020). Teacher educators' perceptions of professional standards: Implementation challenges in Pakistan. Issues in Educational Research, 30(3), 1084-1104.

Shultz, Kenneth S. dan David J. Whitney. (2005). Measurement Theory in Action. California: Sege Publications


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.