Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemic Covid-19

Rosmalah Rosmalah(1*), Sidrah Apriani Rahman(2), Asriadi Asriadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pandemi covid-19 membawa perubahan besar terhadap system pembelajaran, yakni transformasi pembelajaran tatap muka menjadi system pembelajaran dalam jaringan. Bersamaan dengan hal tersebut memunculkan berbagai tantangan dan pertanyaan tentang kesiapan sarana dan prasaran belajar hingga kesiapan guru dalam menjalankan pembelajaran daring. Kecakapan literasi digital adalah kunci sukses penyelenggaraan pendidikan di era pandemic sebagai bekal dalam memanfaatkan dan mendayagunakan berbagai flatfrom pembelajaran daring selama proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi digital guru sekolah dasar selama proses pembelajaran daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus untuk menguraikan kompetensi literasi digital guru. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi literasi digital guru sekolah dasar mitra pgsd unm bone masih berada pada level basic. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan flatfrom atau aplikasi pembelajaran daring yang diterapkan hingga metode yang kurang variatif.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Literasi Digital, Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Asari, A., Kurniawan, T., & Ansor, S. (n.d.). Kompetensi Literasi Digital bagi Guru dan Pelajar di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. 7.

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (Yogyakarta). Pustaka Pelajar. //repo.unikadelasalle.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D11151%26keywords%3D

Dinata, K. B. (2021). LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING. Eksponen, 11(1), 20–27.

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135.

Raimanu, G. (2020). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sintuwu Maroso). 19(2), 9.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusantara Creative.

Zaenudin, H. N., Affandi, A. F. M., Priandono, T. E., & Haryanegara, M. E. A. (2020). Tingkat Literasi Digital Siswa SMP di Kota Sukabumi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 23(2). https://doi.org/10.20422/jpk.v2i23.727


Article Metrics

Abstract view : 544 times | PDF view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.