Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan

Samirah Dunakhri(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Belum adanya perangkat literasi keuangan yang memadai sebagai alat ukur penelitian terkait literasi keuangan menjadi salah satu alasan utama untuk mengkaji instrumennya melalui penelitian ini. Hasil uji yang diteliti ialah uji reliabilities dan uji normalitas angket. Angket ayng di uji ialah angket yang sudah di adptasi dari berbagai sumber literatur yang relevan. Hasil uji menunjukan bahwa perangkat instrument yang diuji adalah sangat kredibel dan memiliki angka normalitas yang diterima sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian ini bisa menjadi referensi untuk penelitian lebih lanjut untuk skala menengah dan besar dengan melibat multi sumber data dan berbagai level baik demografi maupun status sosial.

Full Text:

PDF

References


Abduh, A., & Rosmaladewi, R. (2017). Taking the Lextutor on-line tool to examine students’ vocabulary level in business English students. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(03), 283–286.

Basri, M., Abduh, A., & Hudriati, A. (2018). Writing and Lexical Development of Indonesian Bilingual Children Studying in Australian Primary Schools. Asian EFL Journa, 20(12), 241–257.

Lusardi, A. (2018). The importance of being financially literate. Washington, DC: The George Washington University School of Business.

Michaud, P. (2017). The value of financial literacy and financial education for workers A financially literate workforce helps the economy , but acquiring the. World of Labor: Evidence-Based Policy Making, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.15185/izawol.400

Sjam, A. A. (2015). Finacial literacy of College Students: Determinants and Implications. Jurnal Manajemen, 15(1), 1–12.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 843 times | PDF view : 568 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.