Analisis Validitas Dokumen SKL, KI dan KD Keselamatan, Kesehatan dan Kerja (K3) Berbasis Higher Order Thinking Skills Pada Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan

Amiruddin Amiruddin(1*), Muhammad Yahya(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penerapan kembali K3 pada kurikulum 2013 untuk SMK dan telah dirumuskan dalam kompetensi dasar (KD). Melalui KD-KD yang ada disetiap program keahlian, maka guru telah menjabarkan dalam bentuk perangkat pembelajaran baik dalam analisis SKL, KI dan KD, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaian. K3 bertujuan untuk 1) membuat suasana menjadi sehat, aman, dan nyaman, 2) Membuat tenaga kerja sehat baik fisik, mentas, dan sosial sert terhindar dari kecelakaan, dan 3) Meningkatkan produktivitas dan efisiensi perusahaan - Menginkatkan kesejahteraan tenaga kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tentang pengembangan, yang bertujuan untuk Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) berbasis Higher Order Thinking Skills pada Kurikulum SMK di Sulawesi Selatan. Subjek penelitian yaitu siswa dan para guru Sekolah Dasar di Provinsi Sulawesi Selatan. Fokus penelitian dalam penelitian sebagai berikut: Secara umum, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan yang valid, praktis, dan efektif khususnya pengembangan analisis SKL, KI dan KD pada Program Keahlian Teknik Mesin dan Teknik Otomotif berbasis HOTS. Karakteristik perangkat pembelajaran berbasis HOTS yang dihasilkan pada penelitian ini adalah Perangkat pembelajaran K3L yang dihasilkan, dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE, dengan tahapan antara lain: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.  Berdasarkan  hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan analisis SKL, KI dan KD K3L berbasis HOTS memiliki rata-rata skor 3,78 yaitu sangat valid untuk diterapkan dalam pembelajaran di Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Otomotif pada SMK

Full Text:

PDF

References


Amin M., 2016. Manajemen K3 di SMK Akan Diperkuat. Republika Online - Jakarta. https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/01/19/o15xca359-manajemen-k3-di-smk-akan-diperkuat di akses 18 Desember 2018

Kerja, M. T. (1996). Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor: PER. 05/Men/1996 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan.

Indonesia, R., & Indonesia, P. R. (1970). Undang Undang No. 1 Tahun 1970 Tentang: Keselamatan Kerja. Sekretariat Negara: Jakarta

Indonesia, P. R., & Indonesia, P. R. (1992). Undang Undang No. 23 Tahun 1992 Tentang: Kesehatan. Undang Undang, 23, 1-31.

Ramadan, P. R. (2014). Pengaruh Pengetahuan K3 dan Sikap terhadap Kesadaran Berperilaku K3 di LAB. CNC dan PLC SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, 4(3).

Sulainingsih, E. (2012). Perilaku Siswa dalam Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Praktek Membatik di SMK Negeri 6 Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.