Pengembangan Instrumen Sistem Rekrutmen Mahasiswa Calon Guru Berbasis Minat & Kepribadian

Muharram Muharram(1*), Muhammad Agung(2), Ganefri Ganefri(3), Hantje Ponto(4), I Nyoman Sila(5), Suyanta Suyanta(6), Usman Mulbar(7), Abd. Wahid(8), Jumadi Mabe Parenreng(9),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Manado
(5) Universitas Pendidikan Ganesha
(6) Universitas Negeri Yogyakarta
(7) Universitas Negeri Makassar
(8) Universitas Negeri Makassar
(9) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu instrumen yang dapat digunakan untuk menyeleksi mahasiswa calon guru berdasarkan minat dan kepribadian yang mereka miliki. Dalam pengembangan instrumen ini, dilakukan pengkajian yang mendalam terhadap teori filsafat pendidikan Locke dan teori kepribadian Holland. Dari hasil pengembangan, diperoleh dua instrumen untuk mengukur tingkat minat keguruan yang dimiliki seseorang dan jenis program studi yang cocok berdasarkan kepribadian calon mahasiswa tersebut. Instrumen pertama digunakan untuk menilai minat siswa menjadi guru dan instrumen kedua digunakan untuk menilai kepribadian siswa. Uji validitas memperlihatkan bahwa ada 50 item pernyataan untuk instrumen pertama dan beberapa item pernyataan yang terbagi dalam empat bagian (aktivitas, kompetensi, menilai diri, dan pekerjaan) untuk instrumen kedua. Hasil uji reliabilitas menghasilkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,875 yang berarti bahwa instrumen ini adalah reliabel untuk digunakan.

Keywords: Instrumen, Minat,  Kepribadian, Guru.


Full Text:

PDF

References


S. Urbina, “Essentials of psychological testing”, Hoboken New Jersey: John Willey & Sons, Inc., 2004.

W. Crain, “Teori perkembangan: konsep dan aplikasi” 3rd, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Sugijono, “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2007.

S. Arikunto, “Metodelogi Penelitian”, Yogyakarta: Bina Aksara, 2006.

T. Efraim, "Decision Support Systems and Intelligent Systems" 7th Ed., New Jersey : Pearson Education, 2005.

N. E. Gronlund, R. L. Linn, and M. D. Miller, “Measurement & evaluation in teaching” 10th Ed., New York: Macmillan Publihing Co., Inc., 2009.

S. Azwar, “Reliabilitas dan Validitas”, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

M. J. Allen, and W. M. Yen, “Introduction to measurement theory”, Monterey, Mexico: Brooks/Cole Publishing Company, 1979.

C. R. Reynolds, R. B. Livingston, and V. Willson, “Measurement and assessment in education” 2nd, Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, 2010.

L. Cohen, L. Manion, and K. Morrison, “Research methods in education”, New York: Routledge, 2007.

W. A. Mahrens, and I. J. Lehmann, “Measurement & valuation in education psychology”, New York: Hold, Rinhart and Wiston, Inc., 1973.

I. Basuki, and Hariyanto, “Asesemen pembelajaran”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.


Article Metrics

Abstract view : 339 times | PDF view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.